Pengertian Email (Elektronic Mail) | Jenis & Fungsi E-Mail

Pengertian Email - Email atau e-mail dari segi bahasa adalah singkatan dari 'electronic mail' atau versi elektronik dari surat konvensional. Jika dalam surat konvensional menggunakan media kertas, e-mail diproses dengan menggunakan sistem teknologi digital dan jaringan. Beberapa publikasi menyebutnya email, tetapi sudah umum dalam dunia komputasi lebih banyak yang mengejanya sebagai e-mail.

E-mail merupakan layanan internet yang paling banyak digunakan saat ini, setelah layanan www (world wide web). E-mail memungkinkan Anda untuk mengirim pesan kepada siapa pun serta menerima pesan dari siapa pun, kapan saja dan di mana saja selama Anda terhubung dengan jaringan.

pengertian emailWalaupun pada awalnya e-mail hanya dapat mengirim teks, tetapi saat ini pengguna email sudah dapat saling mengirim dan menerima email yang memuat pesan gambar, video, dokumen, memo, atau file lain yang ingin dibagikan dalam lampiran email.  Hingga e-mail dianggap sebagai bagian penting dalam sistem komunikasi yang efektif bagi manusia modern, yang memungkinkan untuk dapat berinteraksi dengan satu atau banyak orang lain, dalam sebuah lingkungan di mana berbagai jenis informasi dibagikan.

Semakin berkembangnya layanan e-mail, saat ini e-mail telah diadopsi di berbagai bidang aktifitas, seperti bisnis, pendidikan, sebagai identitas pribadi atau sebagainya. Makanya tidak mengherankan, jika dewasa ini ada orang yang memiliki beberapa e-mail address (alamat e-mail) untuk menunjang aktifitasnya seperti khusus untuk bisnis, pribadi, login facebook, twitter, dan lain sebagainya, dengan e-mail yang berbeda.

Pengertian Email | Sejarah Perkembangan E-Mail


Seperti dijelaskan dalam pengertian email di atas, e-mail dikirim melalui jaringan komputasi yang menghubungkan antara komputer si pengirim dengan si penerima. Namun, dalam perkembangannya, sebelum email diadopsi dalam sistem network atau jaringan, email terlebih dahulu mengalami bebrapa perkembangan dengan sistem yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Sistem Host Server


Sejarah mengirim surat secara elektronik (electronic mail) dimulai saat diperkenalkannya MIT CTSS (Compatible Time-Sharing System) pada tahun 60-an. Dengan sistem ini, pengguna dapat saling sharing (berbagi) file dan menyimpannya dalam disk penyimpanan utama sistem ini. Namun sebelumnya, pengguna harus login atau terdaftar terlebih dahulu ke host server (sistem pusat) dengan terminal dial-up secara jarak jauh.

Sistem Local Area Network (LAN)


Sejarah e-mail memasuki babak baru saat dimulainya trand komputer pribadi menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) di tahun 80-an. Dan membuat perkembangan personal computer (PC) atau komputer pribadi tumbuh semakin pesat. Hal inilah yang kemudian para praktisi jaringan saat itu mulai mengadopsi jaringan LAN ke dalam sistem pengiriman pesan.

Pada masa-masa awal perkembangannya, sistem inipun masih menawarkan hal yang sama dengan sistem host server, yang mana hanya pengguna terdaftar dan login di server yang samalah yang diperbolehkan berkomunikasi antara penggunanya. Dan setelah mengalami beberapa pengembangan, akhirnya sistem ini mampu menghubungkan pengguna antar email server yang berbeda, selama pengguna menggunakan protokol dan sistem email yang sama.

Email Networking


Setelah evolusi jaringan komputasi mengalami perkembangan yang mengglobal, maka sistem pengiriman pesan elektronik pun ikut berkembang. Perkembangan ini ditandai dengan muali diaplikasikannya pengeriman pesan lintas global, berbasis sistem jaringan world wide. Dengan sistem ini, pengguna dapat mengirim dan menerima email dari organisasi yang berbeda, baik lokal maupun global. Sekitar tahun 70-an, e-mail pertama dari ARPANET berhasil dikirim melaluui sistem jaringan ini.

Pengertian Email | Mengenal Komponen E-mail Address


Setelah dijelaskan pengertian email, dan sedikit tentang sejarah perkembangan email, selanjutnya akan dijelaskan komponen-komponen dalam alamat e-mail (e-mail aadress). Untuk mempermudah, akan diberikan contoh e-mail address berikut penjelasannya.

support@lazada.co.id

Pada bagian pertama di setiap alamat e-mail, atau bagian sebelum simbol @, berisikan username, nama pengguna, kelompok, departemen dari perusahaan, atau apapun yang ingin Anda jadikan sebagai inisial alamat email Anda. Dalam contoh di atas adalah contoh email support dari situs online shop Lazada, ingat hanya contoh, mungkin saja email tersebut tidak valid.

Berikutnya, simbol @ (at) digunakan sebagai pembagi atau pemisah dalam alamat e-mail, simbol ini diperlukan untuk semua SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) alamat e-mail, telah digunakan sejak pesan pertama dikirim oleh Ray Tomlinson tahun 1971 sampai saat ini.

Dan terakhir, computerhope.com merupakan nama domain yang pengguna miliki. Domain ini tergantung dari layanan yang Anda pakai, jika Anda menggunakan webmail seperti gmail.com, yahoo.com, atau sebagainya, maka Anda akan mendapatkan domain 'namaanda@gmail.com', atau 'namaanda@yahoo.com', dan sebagainya.

Pengertian Email | Jenis-Jenis Email


Seperti yang dijelaskan dalam pengertian email, sebuah layanan e-mail memiliki server dan jenis yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis e-mail yang umum digunakan sekarang ini.

Web-based Mail (webmail)


Webmail atau e-mail berbasis web merupakan cara alternatif untuk dapat mengirim dan menerima e-mail, bisa dikatakan sebagai solusi yang tepat bagi kebanyakan orang dan lebih populer saat ini. Seperti namanya jenis e-mail ini adalah layanan e-mail yang akses secara online melalui web.  Untuk mengirim dan menerima email,  memungkinkan pengguna harus login terlebih dahulu ke akun e-mail mereka, dengan menggunakan web browser yang kompatibel.

Contoh penyedia layanan e-mail berbasis web seperti Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail (sekarang Outlook.com), AOL Mail, dan masih banyak penyedia layanan webmail lainnya. Umumnya layanan e-mail berbasis web (webmail), termasuk yang termasuk beberapa yang telah disebutkan, dapat diakses secara percuma atau memiliki pilihan akun gratis. Namun, saat ini webmail umumnya tidak bisa di-download ke klien, sehingga tidak dapat dibaca tanpa koneksi internet.

E-mail POP3


Jenis e-mail yang selanjutnya adalah POP3. POP3 merupakan singkatan dari Post Office Protocol 3. Dalam akun email POP3, pesan email di-download ke perangkat klien (semisal PC atau lainnya) dan kemudian akan dihapus dari mail server (server e-mail) saat Anda memeriksa e-mail tersebut, kecuali ada perintah khusus untuk menyimpan e-mail tersebut. E-mail POP3 adalah jenis email yang paling umum digunakan untuk e-mail pribadi.

E-mail IMAP (Internet Message Access Protocol)


E-mail IMAP atau Internet Message Access Protocol memiliki cara kerja dimana server membiarkan Anda membaca e-mail tanpa men-download ke perangkat Anda terlebih dahulu. Dengan akun IMAP, account Anda memiliki akses ke folder email pada mail server dan dapat menggunakan perangkat yang kompatibel (seperti smartphone atau PC) untuk membaca dan membalas pesan, selama perangkat tersebut dapat mengakses server.

Perangkat portable seperti smartphone semakin sering digunakan untuk memeriksa email saat bepergian, dan untuk membuat balasan yang singkat, jika telah memungkin untuk membalas lebih panjang, barulah digunakan perangkat yang lebih besar dengan akses keyboard yang lebih baik. IMAP umumnya digunakan dalam akun e-mail untuk bisnis.

E-mail MAPI (Messaging Application Programming Interface)


MAPI atau Messaging Application Programming Interface, adalah jenis e-mail yang dikembangkan Microsoft melalui antarmuka Windows yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak dengan sistem operasi Windows untuk mengirim dan menerima e-mail melalui sistem e-mail Microsoft.

Baca Juga [Macam-Macam Fungsi Email Berdasarkan Penggunaannya]
Baca Juga [10 Layanan Email POP3 dan IMAP Gratis Terbaik Tahun 2015]
Baca Juga [10 Layanan Email Gratis Terbaik Tahun 2015]
Baca Juga [10 Program Spam Filter Gratis Terbaik Untuk Windows]

Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian email. Semoga bermanfaat, dan semoga menambah khasanah keilmuan Anda semua. Jangan ragu untuk men-share jika informasi ini layak diketahui oleh orang banyak. Terimakasih telah mampir ke blog ini, dan membaca artikel Pengertian Email (Elektronic Mail) | Jenis & Fungsi E-Mail.

1 komentar :

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->