Pengertian Akomodasi | Bentuk-Bentuk & Contoh Akomodasi

Pengertian Akomodasi - Istilah akomodasi umumnya dikenal dalam dunia pariwisata atau perhotelan. Namun, tahukah Anda bahwa istilah akomodasi juga digunakan dalam bidang selain pariwisata? Seperti dalam dunia kesehatan, komunikasi, psikologi, bahkan agama. Nah, dalam postingan kali ini akan dijelaskan beberapa pengertian akomodasi. So, mari disimak penjelasan berikut.

Pengertian Akomodasi | Arti Akomodasi


Bagi Anda yang senang berlibur, travel, atau berwisata, istilah akomodasi pastilah familiar dengan Anda. Apalagi jika Anda terbiasa berlibur melalui Biro Perjalanan atau Agent Travel. Biro perjalanan umumnya menjelaskan secara detail perihal akomodasi ini kepada Anda. Dan biasanya akomodasi tersebut identik dengan penginapan, hotel, trasportasi, dan pelayanan Anda selama berlibur.

Pengertian Akomodasi | Bentuk-Bentuk & Contoh Akomodasi

Menurut perspektif dunia pariwisata, pengertian akomodasi yang diceritakan di atas memang betul adanya. Akan tetapi, istilah akomodasi ini akan beda arti menurut perspektif dunia Psikologi, yaitu proses adaptasi manusia. Atau menurut perspektif kesehatan, yang lebih mengidentikan akomodasi dengan penglihatan mata. Begitupun halnya menurut perspektif dunia komunikasi dan teologi (agama).

Nah, untuk menambah wawasan kita mengenai pengertian akomodasi, berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang pengertian akomodasi menurut perspektif (pandangan) bidang ilmu atau latar belakang yang berbeda. Mari disimak penjelasannya.

Pengertian Akomodasi Dalam Berbagai Latar Belakang Bidang


Seperti yang dijelaskan dalam pengertian akomodasi, istilah akomodasi merupakan istilah yang multitafsir, dan memiliki banyak arti yang berbeda di berbagai bidang profesi atau keilmuan. Berikut ini adalah beberapa pengertian akomodasi menurut perspektif bidang yang berbeda:

Pengertian Akomodasi Dalam Bidang Pariwisata


pengertian akomodasi (akomodasi hotel)Dalam dunia pariwisata, istilah akomodasi identik dengan penginapan. Pengertian akomodasi dalam dunia pariwisata adalah sebuah tempat seperti motel, hotel, kamar, villa, bangunan rumah atau jenis penginapan lainnya, yang dijadikan hunian sementara oleh seseorang atau lebih, di saat bepergian, liburan, berwisata, atau sebagainya.

Umumnya yang istilah ini digunakan oleh Agen Travel atau Biro Perjalanan, untuk menarik calon pelanggan menggunakan jasa perjalanannya. Dan biasanya fasilitas akomodasi yang disediakan tergantung kebutuhan pelanggan atau ketentuan paket yang telah disepakati bersama. Karena pada dasarnya akomodasi merupakan layanan tambahan dari tujuan wisata atau destinasi wisata itu sendiri.

Pengertian Akomodasi Dalam Bidang Psikologi


pengertian akomodasi (akomodasi komunikasi)Berbeda bidang, berbeda pula pengertian akomodasi. Jika dalam bidang Pariwisata mengidentikan akomodasi sebagai penginapan, berbeda halnya dengan bidang Psikologi. Dalam dunia Psikologi seperti yang disinggung dalam pengertian akomodasi di awal, istilah akomodasi lebih kepada proses adaptasi manusia. 

Lebih lengkapnya menurut dunia kejiwaan ini, pengertian akomodasi umumnya didefinikan sebagai proses yang menggambarkan perilaku setiap manusia denganserta struktur mentalnya mengalami proses modifikasi, yang bertujuan agar mampu melakukan penyesuaian diri atau beradaptasi dengan lingkungan atau keadaan baru.

Pengertian Akomodasi Dalam Bidang Kesehatan


pengertian akomodasi (akomodasi mata)Pengertian akomodasi juga miliki arti yang berbeda dalam dunia Kesehatan. Dalam bidang ini, istilah akomodasi dikaitkan dengan penglihatan mata. Lebih jelasnya menurut dunia kesehatan, pengertian akomodasi adalah adalah sebuah proses kemampuan daya optik otot-otot siliaris mata yang beradaptasi terhadap objek penglihatan dengan merubah panjang fokus lensa mata, agar mendapatkan fokus terhadap citra objek yang dekat atau jauh secara jelas pada retina mata.

Pengertian Akomodasi Dalam Bidang Teologi


pengertian akomodasi (akomodasi teologi)Dalam bidang teologi Kristiani memiliki pengertian tersendiri tentang istilah akomodasi, pengertian akomodasi biasanya dikaitkan dengan teori wahyu (Firman Tuhan) dalam prinsip Teologi umat Kristiani. Dalam prinsip Teologi Kristiani pengertian akomodasi adalah sebuah prisip teologi ke-Tuhan-an yang menekankan ke-Esa-an-Nya, ke-tidakberbentuk-an-Nya, dan ke-tidakterjangkau-an-Nya oleh akal pikiran manusia.

Karena Tuhan tidak terjangkau oleh akal pikiran manusia, maka dalam prinsip teologi ini dijelaskan, Tuhan sengaja merendahkan diri-Nya untuk manusia dengan cara menurunkan wahyu-Nya, agar manusia dapat berkomunikasi dengan-Nya secara mudah, melalui firman-Nya dalam Kitab Suci. Secara etimologi dalam teori teologi ini istilah akomodasi dalam bahasa Inggris dikenal dengan Accommodation atau Condescension yang maknanya adalah 'sikap merendahkan diri'.

Pengertian Akomodasi Dalam Bidang Komunikasi


pengertian akomodasi (akomodasi komunikasi)Begitupun dalam dunia komunikasi, istilah akomodasi memiliki pengertian yang berbeda. Dalam ilmu komunikasi isyilah akomodasi sering kali diidentikan dengan proses komunikasi. Lebih jelasnya pengetian akomodasi adalah proses penyesuaian cara berkomunikasi seseorang dengan lawan bicaranya, untuk bisa berkomunikasi dengan lebih baik. 

Proses penyesesuaian atau adaptasi ini umumnya terjadi atas dasar bahasa atau watak yang berbeda. Karena proses komunikasi akan menjadi lebih efektif jika sama latar belakang bahasa, watak, budaya, adat istiadat dan lainnya, maka untuk mendukung itu semua diperlukanlah akomodasi ini.
Baca juga » Pengertian Komunikasi

Pengertian Akomodasi Dalam Bidang Pendidikan  


pengertian akomodasi (akomodasi pendidikan)
Dan dalam dunia pendidikan, pengertian akomodasi adalah sebuah teknik pelayanan pendidikan khusus yang diperuntukan bagi orang-orang yang berkebutuhan khusus. Akomodasi ini lebih kepada tools, alat, metodologi, atau pendekatan yang dipakai dalam pelayanan pendidikan. Teknik akomodasi menjadi lebih populer di kalangan pendidikan setelah diperkenalkannya pendidikan inklusif.
Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian akomodasi. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, dan semoga menambah khasanah pengetahuan Anda semua. Jangan sungkan untuk men-share informasi ini jika patut untuk diketahui oleh banyak orang. Cari pengertian-pengertian lainnya yang mungkin menarik untuk Anda ketahui.

Baca Juga » Pengertian Akomodasi Maksimum Lup
Baca Juga » Pengertian Akomodasi Perhotelan
Baca Juga » Pengertian Akomodasi Konflik
Baca Juga » Pengertian Email (Electronic Mail) | Jenis & Fungsi E-Mail
Baca Juga » Pengertian Permainan Sepak Bola Menurut Para Ahli Dan Fifa
Baca Juga » Pengertian Demokrasi | Pancasila | Terpimpin | Liberal |...
 
Konklusinya, akomodasi adalah istilah dengan maka yang beragam, multitafsir, atau memiliki banyak penafsiran sesuai dengan perspektif yang berbeda. Hal ini terbukti dengan penjelasan di atas, jika ditinjau dari beragam bidang memiliki pengertian tersendiri yang beragam tentang akomodasi ini. Terimakasih telah mampir di blog sederhana ini, dan terimakasih telah membaca artikel Pengertian Akomodasi | Bentuk-Bentuk & Contoh Akomodasi.

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->