Sejarah Permainan Sepak Bola Dunia | Pengertian Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola - Permain sepak bola merupakan cabang olahraga dengan banyak pencinta di dunia bahkan di negeri ini, mungkin Anda salah satunya. Namun, apakah Anda tahu sejarah sepak bola dunia? Nah, pada postingan kali ini akan membahas pengertian permainan sepak bola, sejarah permainan sepak bola, peraturan peraturan permainan sepak bola, serta taktik-taktik dalam permainan sepak bola.

Sejarah Perkembangan Sepak Bola Dunia | Siapa yang menciptakan sepak bola?


Sejarah Sepak Bola Setiap olahraga memiliki sejarah dan tokoh penemunya. Seperti James Naismith, penemu permainan bola basket atau William G. Morgan pencipta permainan bola voli. Namun, tidak satupun sejarawan yang dapat menarik kesimpulan sejarah sepak bola dunia, yang saat ini menjadi cabang olahraga favorit bagi banyak kalangan.

Banyak sejarawan yang telah mencoba melacak individu yang memulai sejarah sepakbola,  akan tetapi asal-usul yang sangat lampau, sejarah sepak bola telah menjadi misteri. Namun, penelitian-penelitian oleh para sejarawan tersebut bukan tanpa hasil, melainkan ada beberapa catatan sejarah sepak bola (football) atau soccer yang bisa dipelajari hingga saat ini.

Walaupun penelitian yang dilakukan sejarawan tidak mendapatkan kesimpulan penemu sepak bola, tetapi Sejarawan berhasil menelusuri budaya yang pertama kali memainkan permainan serupa permainan sepak bola. Untuk melihat lebih jelas bagaimana sepak bola dimulai, penjelasan asal-usulnya akan dibagi menjadi dua periode. Pertama, periode kuno, yaitu sekitar 4.500 tahun yang lalu (A); Kedua, periode modern, merupakan cikal-bakal dari sepak bola yang populer saat ini (B). Mari disimak sejarah sepak bola berikut.

A. Sejarah Sepak Bola Kuno


Artefak bersejarah dan dalam catatan sejarah peradaban manusia, menjelaskan bahwa sepak bola telah dimainkan di Mesir Kuno, Cina Kuno, dan Roma sekitar ribuan tahun yang lalu. Pada masa ini, permainan sepak bola bertahan hingga bertahun-tahun dan kemudian berkembang hingga berabad-abad lamanya. Berikut penjelasan sejarah sepak bola kuno ini:

Sejarah Sepak Bola di Mesir Kuno


Benda bulat mirip bola yang terbuat dari linen, telah ditemukan di sekitaran makam-makam Mesir Kuno yang berusia sekitar 2.500 SM. Setelah dilakukan penelitian terhadap bola temuan tersebut, para ilmuan menyimpulkan bahwa, beberapa bola ini terbuat dari usus binatang serta kulit yang bertujuan untuk meningkatkan daya pantul bola tersebut ketika digunakan.

Selain bukti penemuan bola tersebut, ditemukan pula gambar atau lukisan yang menggambarkan permainan sepak bola. Berdasarkan gambar tersebut, sejarawan berpendapat bahwa dahulu di Mesir memainkan pertandingan sepak bola pada saat pesta kesuburan. Umumnya mereka membungkus bola mereka dengan kain berwarna cerah dan menendang bola tersebut di sekitaran tanah untuk merayakan kelimpahan hasil bumi. Dan sekitar 2.000 tahun kemudian, bentuk yang berbeda seperti pertandingan sepak bola muncul di Cina.

Sejarah Sepak Bola di Cina Kuno


Sejarah Sepak Bola Sejarah sepak bola di Cina Kuno dimulai sekitar 476 SM sampai 221 SM (Sebelum Masehi), olahraga yang disebut cuju secara populer dimainkan pada masa Dinasti Han. Cuju oleh masyarakat saat itu diterjemahkan "menendang bola dengan kaki". Masyarakat Cina Kuno, memainkannya dengan bola kulit dan menendang-nendangnya di dalam sebuah lapangan persegi panjang. Untuk mendapatkan skor, para pemain harus menendang bola sampai masuk kedalam sepotong kain yang digantung di antara dua sudut/kutub (ujung lapangan perminan).

Permainan cuju ini menjadi sangat populer, karena digunakan oleh para pemimpin militer sebagai olahraga kompetitif untuk menjaga kesehatan fisik tentara. Sebagai permainan yang makin banyak dimainkan, sehingga kerajaan mulai mengorganisir pertandingan cuju, yang mana permainan cuju harus dimainkan oleh pemain cuju profesional. Perempuan dan warga sipil turut berpartisipasi dalam turnamen ini dengan membentuk team atau club.

Sama halnya dengan pertandingan sepak bola saat ini, pemain cuju diperbolehkan untuk menyentuh bola dengan seluruh bagian dari tubuh mereka kecuali lengan dan tangan mereka. Wasit pun dihadirkan dalam turnamen ini. Kehadiran wasit dalam pertandingan untuk memastikan bahwa seluruh pemain mengikuti aturan yang berlaku.

Tidak seperti sepak bola di zaman modern, jumlah pemain yang dapat bermain cuju bersifat fleksibel, alias tidak ditentukan jumlahnya. Jumlah pemain dalam satu tim umumnya berkisar dari dua sampai 10 orang, sementara dalam pertandingan-pertandingan yang disponsori oleh istana, jumlahnya bisa berubah, sekitar 12 sampai 16 orang.

Menariknya, tidak semua pertandingan cuju dimenangkan berdasarkan gol. Dalam beberapa turnamen, kemenangan diputuskan oleh nilai yang diberikan kepada pemain sesuai dengan bagaimana mereka memainkan permainan ini. Misalnya, pemain yang menggiring bola terlalu pendek atau yang menendang bola di luar batas-batas bidang permainan, akan dihukum dengan pemotongan poin. Tim dengan potongan poin terkecil adalah pemenangnya.

Kemudian sekitar pertengahan abad ke-17, cuju mulai menurun popularitasnya. Sedangkan di periode yang sama saat Cina bermain cuju dengan wasit memimpin pertandingan mereka, orang-orang Romawi Kuno sedang menikmati versi lain dari permainan sepak bola.

Sejarah Sepak Bola di Romawi Kuno


Sejarah sepak bola di Roma kuno tidak memiliki aturan, strategi, atau taktik. Perminan ini dimainkan oleh 54 orang (27 orang dari setiap tim) yang hanya bertujuan untuk memasukan bola ke gawang tim lawan. Permainan ini menjadi sangat populer, sehingga permainan ini termasuk dalam Olimpiade di masa awal. Dan yang tidak bisa dihindarkan adalah, banyak dari para pemain yang pulang ke rumah dengan cedera selama pertandingan itu.

Selain dimainkan di lapangan, sepak bola juga ada yang memainkannya di jalanan. Orator Romawi Cicero, mencatat bahwa sebagian besar dimainkan oleh anak-anak muda. Anak-anak ini berjalan di sekitaran kota, dan memainkan bola dengan menendang-nendang bola di tanah.

Cicero juga menulis tentang sebuah insiden kecerobohan pemain yang menyebabkan kematian. Pristiwa itu terjadi karena anak-anak tersebut tidak sengaja menendang bola ke arah tukang cukur yang sedang mencukur pelanggannya. Tukang cukur kehilangan kendali, kemudian pisau yang dipengnya menusuk tenggorokan pelanggan.

Sejarah Sepak Bola Selama Abad Pertengahan


Dapat dikatakan bahwa orang-orang Inggris pada umumnya merupakan orang-orang yang terus menghidupi tradisi sepak bola selama Abad Pertengahan. Dan yang sangat populer isu olahraga di pertengahan abad ke-14, Inggris disebut sebagai mafia sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Sepak bola di Inggris saat itu, dimainkan oleh pemain dengan jumlah yang tidak terbatas. Dan aturan dalam permainan sepak bola pada saat itu belum ada yang menciptakan. Sehingga para pemain diizinkan melakukan hal-hal apapun untuk menang, sepanjang tindakan-tindakan mereka tidak mengarah ke pembunuhan. Mereka memainkan pertandingan ini di jalanan dan berubah Kota Pitches menjadi raksasa sepak bola.

Karena siapa saja dapat bergabung dalam sebuah pertandingan dan sangat sedikit aturan, sejarah sepak bola abad pertengahan sering berujung pada kerusuhan. Bermain di jalanan juga menyebabkan kesulitan pengguna jalan, dan sering kali terjadi tindakan kekerasan oleh warga dan pedagang dan para pemainnya.

Inilah yang menyababkan para penguasa terpaksa mengeluarkan dekrit melarang olahraga tersebut. Seperti Raja Edward III pada tahun 1365 mengumkan lalarang sepakbola untuk dimainkan. Begitupun halnya Raja James I dari Skotlandia mendukung pelarangan untuk memainkan sepakbola. Namun, seiring berjalannya waktu, olahraga ini telah menjadi sangat populer, sehingga larangan tersebut tidak membutanya berhenti dimainkan sama sekali. Dan pada akhir abad ke-14, permainan sepak bola telah sangat tertanam dalam budaya masyarakat Inggris Raya.

B. Sejarah Sepak Bola Modern


Dengan semakin banyaknya anak-anak di seluruh Inggris yang memainkan sepakbola, sementara telah adanya pelarangan dari kerajaan, di sekolah-sekolah, karena kurangnya aturan yang mengatur perilaku pemain sering mengakibatkan luka-luka dan kekacauan yang merusak. Maka dimulailah perumusan aturan-aturan baku permain sepak bola oleh klub, sekolah, dan universitas di pertengahan abad ke-18.

Aturan ini dibuat untuk memastikan pemain bermain dengan adil dan jujur. Aturan ini kemudian diadopsi oleh berbagai klub dan memulai untuk membentuk Asosiasi Sepak bola di awal abad ke-19. Dan aturan-aturan tersebut yang kemudian menjadi dasar dari aturan sepak bola utama yang saat ini digunakan.

Sejarah Pembentukan Asosiasi Sepak Bola


Sejarah Sepak Bola Seperti yang dijelaskan di atas, pada awal tahun 1860-an, aturan yang mengatur bermain dan melarang kekasaran di lapangan telah dibuat. Dapat dikatakan bahwa aturan yang dibuat dengan ketat, menjadikan sisi kompetitif sepak bola yang lebih sportif, dan klub dapat menciptakan permain-pemain yang berkualitas seperti yang dikenal sekarang.

Tapi ada satu masalah saat itu, yaitu setiap klub dari sebuah kota atau sekolah bermain dengan aturan mereka masing-masing. Jadi, ketika ada pertandingan antar klub yang berbeda, sering berujung dengan sengketa aturan siapa yang harus diikuti. Inilah yang kemudian masih menjadi kendala jika terjadi pertandingan antar-kota atau antar-klub berbeda.

Masalah ini akhirnya dapat diselesaikan pada tahun 1863 ketika 12 klub London bertemu untuk membahas aturan umum untuk permainan sepakbola. Klub ini kemudian membentuk Asosiasi yang kemudian disebut The Football Association (FA), ya, FA yang sama dengan penyelanggara pertandingan Piala FA (FA Cup) yang populer saat ini.

Dimulai dari Inggris, tidak butuh waktu lama menyebar ke negara-negara Eropa lainnya seperti Spanyol, Perancis, Belanda, dan Swedia. Akhirnya, negara-negara ini berkumpul untuk membentuk badan sepak bola internasional yang akan mengawasi pertandingan antar-negara atau antar-club beda negara, maka terbentuklah FIFA (Fédération Internationale de Football Association) pada tahun 1904.

FA meningkatkan popularitas sepak bola dan membantu dalam menyebarkannya ke seluruh dunia. Sepakbola kemudian berkembang di belahan dunia dan dikenal dengan berbagai sebutan sebagai football, futbol, futebol, dan fussbol di berbagai negara, sedangkan di Amerika Serikat sepak bola dikenal dengan sebutan soccer.

Siapa yang menemukan istilah soccer?


Di beberapa negara, seperti di Amerika Serikat, Indonesia, dan Korea, olahraga paling populer di dunia ini disebut sebagai soccer. Istilah soccer pertama kali digunakan di Inggris untuk membedakan antara rugby football dengan association football. Karena untuk menghindari kebingungan, siswa menyebut association football "assoccer" sementara mereka menyebut rugby football "rugger". Mereka kemudian menghilangkan huruf "a" dalam "assoccer" untuk membuatnya terdengar lebih menarik.

Di Inggris, akhirnya permainan association football (soccer) semakin poluler, sedangkan rugby football (rugger) kalah pamor. Perbedaan antara rugger dan soccer kini tidak lagi dipermasalahkan. Karena saat ini di Inggris, semua orang sudah tahu olahraga yang dimaksud ketika seseorang mengatakan "football". Oleh karena itu hingga saat ini, istilah football terjebak dalam penggunaan bahasa Inggris.

Akan tetapi di Amerika, mereka memiliki olahraga yang populer dengan lapangan hijaunya yang dikenal dengan American Football. Dan membuat masyarakat Amerika harus menggunakan istilah Soccer untuk menghindari kebingungan dengan permainan sepak bola. 

Baca Juga [Sejarah Sepak Bola Di Indonesia]
Baca Juga [Pengertian Sepak Bola Menurut Ahli Dan Statuta FIFA]
Baca Juga [Taktik Dan Strategi Dalam Permainan Sepak Bola]
Baca Juga [Peraturan-Peraturan Dalam Permainan Sepak Bola]
Baca Juga [Istilah-Istilah Dalam Seputar Permainan Sepak Bola]

Nah, demikianlah penjelasan Sejarah Sepak Bola. Semoga bermanfaat, dan semoga menambah wawasan tentang olahraga yang fenomenal ini. Baca artikel lanjutannya, tentang Pengertian Sepak Bola, Peraturan Permainan Sepak Bola, Taktik Dalam Permainan Sepak Bola, dan Istilah-Istilah Dalam Permainan Sepak Bola. Terimaksih telah mampir, dan membaca artikel Sejarah Permainan Sepak Bola.

2 komentar

Arikal sejarah sepak , pengertian sepak bola dan formasi permainan sepak bola
sangat bagus dan menarik, makasi yaaa, salam olahraga.

Balas

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->