Sejarah Permainan Sepak Bola Dunia | Pengertian Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola - Permain sepak bola merupakan cabang olahraga dengan banyak pencinta di dunia bahkan di negeri ini, mungkin Anda salah satunya. Namun, apakah Anda tahu sejarah sepak bola dunia? Nah, pada postingan kali ini akan membahas pengertian permainan sepak bola, sejarah permainan sepak bola, peraturan peraturan permainan sepak bola, serta taktik-taktik dalam permainan sepak bola.

Sejarah Perkembangan Sepak Bola Dunia | Siapa yang menciptakan sepak bola?


Sejarah Sepak Bola Setiap olahraga memiliki sejarah dan tokoh penemunya. Seperti James Naismith, penemu permainan bola basket atau William G. Morgan pencipta permainan bola voli. Namun, tidak satupun sejarawan yang dapat menarik kesimpulan sejarah sepak bola dunia, yang saat ini menjadi cabang olahraga favorit bagi banyak kalangan.

Banyak sejarawan yang telah mencoba melacak individu yang memulai sejarah sepakbola,  akan tetapi asal-usul yang sangat lampau, sejarah sepak bola telah menjadi misteri. Namun, penelitian-penelitian oleh para sejarawan tersebut bukan tanpa hasil, melainkan ada beberapa catatan sejarah sepak bola (football) atau soccer yang bisa dipelajari hingga saat ini.

Walaupun penelitian yang dilakukan sejarawan tidak mendapatkan kesimpulan penemu sepak bola, tetapi Sejarawan berhasil menelusuri budaya yang pertama kali memainkan permainan serupa permainan sepak bola. Untuk melihat lebih jelas bagaimana sepak bola dimulai, penjelasan asal-usulnya akan dibagi menjadi dua periode. Pertama, periode kuno, yaitu sekitar 4.500 tahun yang lalu (A); Kedua, periode modern, merupakan cikal-bakal dari sepak bola yang populer saat ini (B). Mari disimak sejarah sepak bola berikut.

A. Sejarah Sepak Bola Kuno


Artefak bersejarah dan dalam catatan sejarah peradaban manusia, menjelaskan bahwa sepak bola telah dimainkan di Mesir Kuno, Cina Kuno, dan Roma sekitar ribuan tahun yang lalu. Pada masa ini, permainan sepak bola bertahan hingga bertahun-tahun dan kemudian berkembang hingga berabad-abad lamanya. Berikut penjelasan sejarah sepak bola kuno ini:

Sejarah Sepak Bola di Mesir Kuno


Benda bulat mirip bola yang terbuat dari linen, telah ditemukan di sekitaran makam-makam Mesir Kuno yang berusia sekitar 2.500 SM. Setelah dilakukan penelitian terhadap bola temuan tersebut, para ilmuan menyimpulkan bahwa, beberapa bola ini terbuat dari usus binatang serta kulit yang bertujuan untuk meningkatkan daya pantul bola tersebut ketika digunakan.

Selain bukti penemuan bola tersebut, ditemukan pula gambar atau lukisan yang menggambarkan permainan sepak bola. Berdasarkan gambar tersebut, sejarawan berpendapat bahwa dahulu di Mesir memainkan pertandingan sepak bola pada saat pesta kesuburan. Umumnya mereka membungkus bola mereka dengan kain berwarna cerah dan menendang bola tersebut di sekitaran tanah untuk merayakan kelimpahan hasil bumi. Dan sekitar 2.000 tahun kemudian, bentuk yang berbeda seperti pertandingan sepak bola muncul di Cina.

Sejarah Sepak Bola di Cina Kuno


Sejarah Sepak Bola Sejarah sepak bola di Cina Kuno dimulai sekitar 476 SM sampai 221 SM (Sebelum Masehi), olahraga yang disebut cuju secara populer dimainkan pada masa Dinasti Han. Cuju oleh masyarakat saat itu diterjemahkan "menendang bola dengan kaki". Masyarakat Cina Kuno, memainkannya dengan bola kulit dan menendang-nendangnya di dalam sebuah lapangan persegi panjang. Untuk mendapatkan skor, para pemain harus menendang bola sampai masuk kedalam sepotong kain yang digantung di antara dua sudut/kutub (ujung lapangan perminan).

Permainan cuju ini menjadi sangat populer, karena digunakan oleh para pemimpin militer sebagai olahraga kompetitif untuk menjaga kesehatan fisik tentara. Sebagai permainan yang makin banyak dimainkan, sehingga kerajaan mulai mengorganisir pertandingan cuju, yang mana permainan cuju harus dimainkan oleh pemain cuju profesional. Perempuan dan warga sipil turut berpartisipasi dalam turnamen ini dengan membentuk team atau club.

Sama halnya dengan pertandingan sepak bola saat ini, pemain cuju diperbolehkan untuk menyentuh bola dengan seluruh bagian dari tubuh mereka kecuali lengan dan tangan mereka. Wasit pun dihadirkan dalam turnamen ini. Kehadiran wasit dalam pertandingan untuk memastikan bahwa seluruh pemain mengikuti aturan yang berlaku.

Tidak seperti sepak bola di zaman modern, jumlah pemain yang dapat bermain cuju bersifat fleksibel, alias tidak ditentukan jumlahnya. Jumlah pemain dalam satu tim umumnya berkisar dari dua sampai 10 orang, sementara dalam pertandingan-pertandingan yang disponsori oleh istana, jumlahnya bisa berubah, sekitar 12 sampai 16 orang.

Menariknya, tidak semua pertandingan cuju dimenangkan berdasarkan gol. Dalam beberapa turnamen, kemenangan diputuskan oleh nilai yang diberikan kepada pemain sesuai dengan bagaimana mereka memainkan permainan ini. Misalnya, pemain yang menggiring bola terlalu pendek atau yang menendang bola di luar batas-batas bidang permainan, akan dihukum dengan pemotongan poin. Tim dengan potongan poin terkecil adalah pemenangnya.

Kemudian sekitar pertengahan abad ke-17, cuju mulai menurun popularitasnya. Sedangkan di periode yang sama saat Cina bermain cuju dengan wasit memimpin pertandingan mereka, orang-orang Romawi Kuno sedang menikmati versi lain dari permainan sepak bola.

Sejarah Sepak Bola di Romawi Kuno


Sejarah sepak bola di Roma kuno tidak memiliki aturan, strategi, atau taktik. Perminan ini dimainkan oleh 54 orang (27 orang dari setiap tim) yang hanya bertujuan untuk memasukan bola ke gawang tim lawan. Permainan ini menjadi sangat populer, sehingga permainan ini termasuk dalam Olimpiade di masa awal. Dan yang tidak bisa dihindarkan adalah, banyak dari para pemain yang pulang ke rumah dengan cedera selama pertandingan itu.

Selain dimainkan di lapangan, sepak bola juga ada yang memainkannya di jalanan. Orator Romawi Cicero, mencatat bahwa sebagian besar dimainkan oleh anak-anak muda. Anak-anak ini berjalan di sekitaran kota, dan memainkan bola dengan menendang-nendang bola di tanah.

Cicero juga menulis tentang sebuah insiden kecerobohan pemain yang menyebabkan kematian. Pristiwa itu terjadi karena anak-anak tersebut tidak sengaja menendang bola ke arah tukang cukur yang sedang mencukur pelanggannya. Tukang cukur kehilangan kendali, kemudian pisau yang dipengnya menusuk tenggorokan pelanggan.

Sejarah Sepak Bola Selama Abad Pertengahan


Dapat dikatakan bahwa orang-orang Inggris pada umumnya merupakan orang-orang yang terus menghidupi tradisi sepak bola selama Abad Pertengahan. Dan yang sangat populer isu olahraga di pertengahan abad ke-14, Inggris disebut sebagai mafia sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Sepak bola di Inggris saat itu, dimainkan oleh pemain dengan jumlah yang tidak terbatas. Dan aturan dalam permainan sepak bola pada saat itu belum ada yang menciptakan. Sehingga para pemain diizinkan melakukan hal-hal apapun untuk menang, sepanjang tindakan-tindakan mereka tidak mengarah ke pembunuhan. Mereka memainkan pertandingan ini di jalanan dan berubah Kota Pitches menjadi raksasa sepak bola.

Karena siapa saja dapat bergabung dalam sebuah pertandingan dan sangat sedikit aturan, sejarah sepak bola abad pertengahan sering berujung pada kerusuhan. Bermain di jalanan juga menyebabkan kesulitan pengguna jalan, dan sering kali terjadi tindakan kekerasan oleh warga dan pedagang dan para pemainnya.

Inilah yang menyababkan para penguasa terpaksa mengeluarkan dekrit melarang olahraga tersebut. Seperti Raja Edward III pada tahun 1365 mengumkan lalarang sepakbola untuk dimainkan. Begitupun halnya Raja James I dari Skotlandia mendukung pelarangan untuk memainkan sepakbola. Namun, seiring berjalannya waktu, olahraga ini telah menjadi sangat populer, sehingga larangan tersebut tidak membutanya berhenti dimainkan sama sekali. Dan pada akhir abad ke-14, permainan sepak bola telah sangat tertanam dalam budaya masyarakat Inggris Raya.

B. Sejarah Sepak Bola Modern


Dengan semakin banyaknya anak-anak di seluruh Inggris yang memainkan sepakbola, sementara telah adanya pelarangan dari kerajaan, di sekolah-sekolah, karena kurangnya aturan yang mengatur perilaku pemain sering mengakibatkan luka-luka dan kekacauan yang merusak. Maka dimulailah perumusan aturan-aturan baku permain sepak bola oleh klub, sekolah, dan universitas di pertengahan abad ke-18.

Aturan ini dibuat untuk memastikan pemain bermain dengan adil dan jujur. Aturan ini kemudian diadopsi oleh berbagai klub dan memulai untuk membentuk Asosiasi Sepak bola di awal abad ke-19. Dan aturan-aturan tersebut yang kemudian menjadi dasar dari aturan sepak bola utama yang saat ini digunakan.

Sejarah Pembentukan Asosiasi Sepak Bola


Sejarah Sepak Bola Seperti yang dijelaskan di atas, pada awal tahun 1860-an, aturan yang mengatur bermain dan melarang kekasaran di lapangan telah dibuat. Dapat dikatakan bahwa aturan yang dibuat dengan ketat, menjadikan sisi kompetitif sepak bola yang lebih sportif, dan klub dapat menciptakan permain-pemain yang berkualitas seperti yang dikenal sekarang.

Tapi ada satu masalah saat itu, yaitu setiap klub dari sebuah kota atau sekolah bermain dengan aturan mereka masing-masing. Jadi, ketika ada pertandingan antar klub yang berbeda, sering berujung dengan sengketa aturan siapa yang harus diikuti. Inilah yang kemudian masih menjadi kendala jika terjadi pertandingan antar-kota atau antar-klub berbeda.

Masalah ini akhirnya dapat diselesaikan pada tahun 1863 ketika 12 klub London bertemu untuk membahas aturan umum untuk permainan sepakbola. Klub ini kemudian membentuk Asosiasi yang kemudian disebut The Football Association (FA), ya, FA yang sama dengan penyelanggara pertandingan Piala FA (FA Cup) yang populer saat ini.

Dimulai dari Inggris, tidak butuh waktu lama menyebar ke negara-negara Eropa lainnya seperti Spanyol, Perancis, Belanda, dan Swedia. Akhirnya, negara-negara ini berkumpul untuk membentuk badan sepak bola internasional yang akan mengawasi pertandingan antar-negara atau antar-club beda negara, maka terbentuklah FIFA (Fédération Internationale de Football Association) pada tahun 1904.

FA meningkatkan popularitas sepak bola dan membantu dalam menyebarkannya ke seluruh dunia. Sepakbola kemudian berkembang di belahan dunia dan dikenal dengan berbagai sebutan sebagai football, futbol, futebol, dan fussbol di berbagai negara, sedangkan di Amerika Serikat sepak bola dikenal dengan sebutan soccer.

Siapa yang menemukan istilah soccer?


Di beberapa negara, seperti di Amerika Serikat, Indonesia, dan Korea, olahraga paling populer di dunia ini disebut sebagai soccer. Istilah soccer pertama kali digunakan di Inggris untuk membedakan antara rugby football dengan association football. Karena untuk menghindari kebingungan, siswa menyebut association football "assoccer" sementara mereka menyebut rugby football "rugger". Mereka kemudian menghilangkan huruf "a" dalam "assoccer" untuk membuatnya terdengar lebih menarik.

Di Inggris, akhirnya permainan association football (soccer) semakin poluler, sedangkan rugby football (rugger) kalah pamor. Perbedaan antara rugger dan soccer kini tidak lagi dipermasalahkan. Karena saat ini di Inggris, semua orang sudah tahu olahraga yang dimaksud ketika seseorang mengatakan "football". Oleh karena itu hingga saat ini, istilah football terjebak dalam penggunaan bahasa Inggris.

Akan tetapi di Amerika, mereka memiliki olahraga yang populer dengan lapangan hijaunya yang dikenal dengan American Football. Dan membuat masyarakat Amerika harus menggunakan istilah Soccer untuk menghindari kebingungan dengan permainan sepak bola. 

Baca Juga [Sejarah Sepak Bola Di Indonesia]
Baca Juga [Pengertian Sepak Bola Menurut Ahli Dan Statuta FIFA]
Baca Juga [Taktik Dan Strategi Dalam Permainan Sepak Bola]
Baca Juga [Peraturan-Peraturan Dalam Permainan Sepak Bola]
Baca Juga [Istilah-Istilah Dalam Seputar Permainan Sepak Bola]

Nah, demikianlah penjelasan Sejarah Sepak Bola. Semoga bermanfaat, dan semoga menambah wawasan tentang olahraga yang fenomenal ini. Baca artikel lanjutannya, tentang Pengertian Sepak Bola, Peraturan Permainan Sepak Bola, Taktik Dalam Permainan Sepak Bola, dan Istilah-Istilah Dalam Permainan Sepak Bola. Terimaksih telah mampir, dan membaca artikel Sejarah Permainan Sepak Bola.

48 komentar

Arikal sejarah sepak , pengertian sepak bola dan formasi permainan sepak bola
sangat bagus dan menarik, makasi yaaa, salam olahraga.

Balas

Telkombet228 adalah Situs Agen Betting Bola dan Togel Online yang sudah terpercaya di Indonesia .

Keunggulan bermain di Telkombet228 adalah :
1. Proses kurang dari 1 menit
2. Cs yang sangat prefesional dan ramah yang siap melayani anda kapan pun yang selalu 24 jam melayani anda .
3. Bonus Cashback sebesar 0,5%
4. Bonus Referal sebesar 0,1% Seumur Hidup loh :)
5. Minimal Deposi dan Withdraw hanya 25Ribu
6. Semua Bank Online 24 Jam
7. Masih banyak Bonus-Bonus yang tersedia dan menarik lain nya seperti jackpot hingga Jutaan Rupiah lain nya menanti anda

Hubungi Kami Melalui :
LINE : Bandar.asia
WHATSAPP : +855 96 843 1912

Link Untuk Daftar : Mentari228.com

" Kami Memberi Bukti Bukan Hanya Sekedar Janji Ya Silahkan Daftar Sekarang Tunggu Apa Lagi "

Balas

Telkombet228 adalah Situs Agen Betting Bola dan Togel Online yang sudah terpercaya di Indonesia .

Keunggulan bermain di Telkombet228 adalah :
1. Proses kurang dari 1 menit
2. Cs yang sangat prefesional dan ramah yang siap melayani anda kapan pun yang selalu 24 jam melayani anda .
3. Bonus Cashback sebesar 0,5%
4. Bonus Referal sebesar 0,1% Seumur Hidup loh :)
5. Minimal Deposi dan Withdraw hanya 25Ribu
6. Semua Bank Online 24 Jam
7. Masih banyak Bonus-Bonus yang tersedia dan menarik lain nya seperti jackpot hingga Jutaan Rupiah lain nya menanti anda

Hubungi Kami Melalui :
LINE : Bandar.asia
WHATSAPP : +855 96 843 1912

Link Untuk Daftar : Mentari228.com

" Kami Memberi Bukti Bukan Hanya Sekedar Janji Ya Silahkan Daftar Sekarang Tunggu Apa Lagi "

Balas

PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

Minimal Deposit!

=== 7 Permainan 1 USER ID ===
JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
INDOKARTU merupakan web judi poker online Indonesia resmi dan terlengkap dalam memberikan permainan poker online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang memberikan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah dan memberikan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

http://www.indokartu.info/2018/07/22/cara-bermain-poker-online-di-situs-terpercaya/
http://www.indokartu.info/2018/07/29/cara-bermain-super-ten-di-situs-terpercaya/
http://www.indokartu.info/2018/08/02/susunan-kartu-capsa-susun/


Ayo join sekarang di indokartu.net

Balas

PROMO NEW MEMBER 15%

DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yang merupakan master agen master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.biz.

Juga Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man untuk beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.

main judi pakai pulsa

Ayo join sekarang di dewazeus.pw

Balas

Sepak bola adalah olahraga terpopuler di Indonesia dan di dunia

Balas

Artikel bola yang bagus, komentar balik ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

Balas

Main sabung ayam cuma di BOLAVITA paling nyaman
judi bola dengan presentase kemenangan tertinggi
Untuk info lebih lanjut bisa melalui:
whatup : 08122222995
BBM: D8C363CA
Wechat : Bolavita.
Line : Cs_bolavita.
BBM: D8C363CA

Balas

http://pengertian-isp.blogspot.com/2015/04/sejarah-permainan-sepak-bola-dunia.html

Balas

Wow !! Awesome post! I was all prepared to post the automattic job offer header, but futtta beat me to it. Damn.
http://pkvgames.ontrapages.com

Balas

Thanks my website is based on education institute but i can take various points from your content.
https://sales4d.net/

Balas

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

Balas

Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
Tel .... (+ 44) 7480 729811
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Balas

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

Balas

Situs Sabung Ayam Online Deposit Via Ovo

Segera Bergabung Bersama ZEUSBOLA !

Nikmati Seluruh Permainan Dan Fasilitas Untuk Anda!

Proses Yang Super Cepat, Aman Dan Terpercaya !

TIDAK DI RAGUKAN LAGI SITUS AGEN ZEUSBOLA, BERAPAPUN KEMENANGAN ANDA AKAN DI BAYAR TUNTAS!

Jangan Sampai Ketinggalan, Buruann Daftar Di Situs Zeusbola Agen Resmi Terpercaya Di Indonesia.

Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

Whatsapp Zeusbola

Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

Deposit Via OVO


Deposit Via Pulsa


Deposit Via Go Pay


Kujungi Juga :

https://medium.com/@shellynnita88/

Balas

Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Balas

Judi IDN Poker Via Pulsa ialah cara yang bisa anda ikuti agar dapat memiliki akun di situs IDN poker. Dengan perangkat ponsel dapat menjadi salah satu alat yang sangat di butuhkan. Perangkat itu memiliki fungsi yang penting sbagai alat komunikasi dan sumber informasi yang bermanfaat bagi setiap orang.

Bonus Freechip Pokerayam :
> Bonus New Member 10%
> Bonus Deposit Harian 5%
> Bonus Rake Back Mingguan

* Judi IDN Poker Via Pulsa
* Kontak PokerAyam
* Link Alternatif Pokerayam

HUBUNGI KAMI:
http://165.22.51.220/
WA : 0812-2222-1680
LINE : POKERAYAM

Balas

Winning303 Arena Sabung Ayam Terpopuler yang menghadirkan Ayam Ras Juara dan Ras-ras Terkuat..Pertarungan yang sangat seru bakal di hadirkan disini...

Winning303 juga menyediakan permainan lain
1. Sportbooks
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Poker Online

Yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan lainnya...
cukup 1 User ID untuk semua permainan..Gak Pake Ribet...

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244

Balas

BOSAN KALAH MULU ? SEGERA GESER KE ZEUSBOLA

https://zeusbola.site/ MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS DIDALAMNYA, MINIMAL DEPOSIT YANG SANGAT TERJANGKAU.

• Permainan Terlengkap & FairPlay
• Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop
• Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon
• Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia
deposit pulsa tanpa potongan
Situs Bandar Judi Deposit OVO
• Minimal Deposit VIA GOPAY
• Minimal Deposit VIA DANA
• Minimal Deposit VIA LINKAJA
• Berapapun Kemenangan Anda Di Bayar Tuntas !
• Pendaftaran Free!!
• Berapapun Kemenangan Dibayar TUNTAS.

◘ DAFTAR -> DEPOSIT -> MAIN -> WITHDRAW ◘

* ANDA MENANG, KAMI SENANG BOS! *

Contact ZEUSBOLA

•• Link Alternatif Judi Online ••

••• https://zeuseuro2020.com/pro-tips •••


••••• bandar bola euro 2020 •••••

•••••• Prediksi Bola Hari Ini ••••••

Balas

Agen Situs Pkv Pulsa adalah sebuah agen judi online yang menyediakan berbagai jenis permainan untuk para penggemar judi online. Memang banyak Situs Pkv untuk saat ini walaupun semua mempunyai banyak perbedaan. Ada sebagian bettor yang tidak memahami serta tidak tahu apa perbedaan dari beberapa situs judi online tersebut.

Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
- Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
- Ovo
- Gopay
- Dana
- Linkaja
- Pulsa

9 Games Dalam 1 Akun
* ADU Q
* BANDAR POKER
* BANDAR Q
* CAPSA SUSUN
* DOMINO 99
* POKER ONLINE
* SAKONG
* BANDAR 66
* PERANG BACCARAT (NEW)

http://167.71.214.170/
Texas Poker
Judi Poker
Sakong Online
Meja VIP Situs PKV Tersedia Di Pokervita Rate Terbaik

Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

Balas

Pokervita.co Situs Judi QQ Deposit Pulsa Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia, Minimal Deposit 15rb Dengan Potongan 15% Telkomsel dan 10% Axis/XL. Server PKV Games Terbaik Untuk Permainan Judi QQ.

Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
- Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
- Ovo
- Gopay
- Dana
- Linkaja
- Pulsa

9 Games Dalam 1 Akun
* ADU Q
* BANDAR POKER
* BANDAR Q
* CAPSA SUSUN
* DOMINO 99
* POKER ONLINE
* SAKONG
* BANDAR 66
* PERANG BACCARAT (NEW)

Texas Poker
Judi Poker
Sakong Online

Domino99 Pulsa Tanpa Potongan
Domino99 Pulsa Online
Agen Pkv Games Online Terpercaya

Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

Balas

Bingung Cari Agen Poker Terpercaya??
Percayakan Kepada DonacoPoker...
Agen Profesional Yang Sudah Lama Berkembang...
Proses Transaksi Yang Cepat dan Aman Dengan Pelayanan Yang Ramah dan Memuaskan..

Ayo!! Jangan Ngaku Ahlinya Poker Jika Belum Bermain di Donaco Poker.!!

Segera Bergabung dan Dapatkan Tips-Tips Menang Dari Kami..

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Balas

Artikel mengenai sejarah permainan sepakbola ini sangat bermanfaat sekali dan sangat bagus sekali, dan bermanfaat sekali terima kasih.. kunjungi juga website kami dibawah ini..

Live22
Sabung Ayam Online
ACE333
Agen Bola
Buku Tafsir Mimpi Togel Online

Balas

judi deposit pulsa tanpa potongan Memberikan Pelayanan Ramah Proses Super Cepat Tidak Perlu Pusing Lagi Hanya Di Situs Agen ZEUSBOLA. Anda Bisa Menghasilkan Uang/Keuntungan Dengan Cepat Tanpa HARUS KELUAR RUMAH !!!

Whatsapp : +6282277104607
Link Alternatif : https://zeus303.com/

Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan

Daftar Slot Deposit Pulsa

Zeusbola Live Casino Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan

Balas

ZeusBola - Main Poker dan QQ Uang Asli
Menerima Deposit Via Pulsa
Bisa Daftar Dengan Akun E-money
Dapatkan Promo Pulsa Tanpa Potongan
Hanya Khusus Disini !!
Pendaftaran : http://zeusbola.live

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Whatsapp : 0822 7710 4607

DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

Balas

PROMO TERBARU DARI AGEN JUDI VIA SLOT DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN
PROMO FREE CHIP SEGERA AKSES KE LINK OFFICIAL KAMI
DEPOSIT BANK LOCAL :
BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

DEPOSIT E-CASH :
OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
-> TELKOMSEL
-> XL / AXIS

Demo SLOT
Slot 888 Dragon
Slot Joker Jewel
Slot Aztec Gem


LINK AKSES :

Agen Togel
Situs Togel Online
Bandar Togel Online
Museumbola Joker123
Museumbola Livecasino
Link Alternatif museumbola
Link Alternatif Museumbola
Link Alternatif Museumbola

Balas

MuseumAyam sabung ayam sv388 Terpercaya & Terpopuler Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
* BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
* BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

Contact Resmi MuseumAyam
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Agen Togel Singapura
Museumbola Livecasino
Sabung Ayam sv388
daftar taruhan toto
Museum Toto
Poker Online Pulsa
Agen Sabung Ayam Online Club388
Agen SV388
Agen Taruhan Online
Agen Casino Online

Balas

Situs Agen Togel Terpercaya Bisa Deposit Pulsa Di MUSEUMTOTO – Di era baru, Situs Agen Togel terpercaya sudah bisa memberikan layanan permainan menggunakan deposit pusa. MUSEUMTOTO tak pernah lupa untuk memudahkan kalangan pemain demi menciptakan masa depan taruhan yang begitu menjanjikan.

Casino Online :

Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

Agen Togel Online
Agen Togel
Situs Togel Online
Agen Togel Hongkong
Agen Togel Singapura
Agen Togel Sidney
Agen Toto Macau
Museumtoto IDNLive

Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

Museum Bola
Museum Poker
Museum Ayam
Museum Toto

Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

Bank BCA

Bank BNI

Bank BRI

Bank JENIUS / BTPN

Bank MANDIRI


PROMO

• Bonus New Member 20%
• Bonus Next Deposit 5%
• Bonus Cashback Casino Up To 10%
• Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
• Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

Diskon dan Hadiah

• 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
• 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
• 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
• Minimal Deposit : 10.000
• Minimal Withdraw :50.000
• Minimal Betting : 500

EXTRA BONUS
HADIAH PRIZE II:
• 4D : 200.000
• 3D : 60.000
• 2D : 10.000

HADIAH PRIZE III:
• 4D : 100.000
• 3D : Jumat.000
• 2D : 5.000

Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

Diskon dan Hadiah Paling Besar.

Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

Layanan Website 24jam setiap hari.

Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

WA : +6283157394921

CHAT SEKARANG KLIK DISINI

Alamat Situs Alternatif :

LINK ALTERNATIF 1 ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF 2 ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF 3 ( KLIK DISINI )

AGEN TOGEL DEPOSIT PULSA BISA DIMANA SAJA

BANDAR TOGEL DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

Balas

Keuntungan Bermain di Museumbola Agen Slot Provider Terlengkap
* Kaya Raya Dari Judi Online
* Keamanan serta Kenyamanan Terjamin
* Berlimpah Bonus dan Promo Menarik
* Jika Anda mendaftar sebagai member Museumbola, maka Anda akan mendapat banyak bonus dan promo yang menarik. Untuk member baru, Anda bisa mendapat bonus cashback untuk setiap transaksi deposit.
Tunggu apa lagi ? Segera daftarkan diri anda sekarang juga!!
MUSEUMBOLA / MUSEUMTOTO ADALAH SEBUAH WADAH YANG MENYEDIAKAN PERMAINAN JUDI PALING LENGKAP
PERMAINAN AYAM CASINO SLOT POKER TOGEL BOLA SEMUA ADA
LANSUNG SAJA AKSES KE SITUS OFFICIAL KAMI MUSEUMBOLA
DEPOSIT BANK LOCAL :
BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

DEPOSIT E-CASH :
OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
-> TELKOMSEL
-> XL / AXIS

Demo SLOT
Slot Aztec Gem
Slot Caisen Cash

agen togel pulsa
Bandar togel pulsa

Link Akses
AKSES SEGERA SITUS KAMI 1 ID BANYAK PERMAINAN

Balas

Situs Judi Online Terbesar Dan Terpercaya
Tersedia Banyak Permainan Menarik dari kami :
Slot Games
Live Casino
Poker
Sabung Ayam
Togel

Hub kami Di
LINE : agens1288
WhatsApp : 085222555128

Balas

Agen Judi Slot Terpercaya menyediakan deposit via pulsa tanpa potongan.

Agen Slot Pulsa
Slot Via Pulsa
Agen Judi Slot Deposit Via Pulsa
Agen Slot Terbaik
Judi Slot Terbaru
https://linkslotpulsa .blogspot.com/

Silahkan hubungi WA berikut ini :
WA : +62812-2222-995

Balas

Zeusbola - Situs Bandar Judi Online Terlengkap, Teraman & Terpercaya 2020
Menerima Deposit Pulsa, Ovo, Gopay, Dana, Linkaja.
Nikmati Seluruh Kemudahan Bertransaksi Bersama Zeusbola.

Pendaftaran Melalui : https://zeusbola.fun/register

Hubungi Kami Melalui :

CS Whatsapp I : (+62) 822 7710 4607
CS Whatsapp II: (+62) 831 7602 1706
Telegram : (+62) 813 3355 5996 ( @zeusbola )
Line : zeusbola

http://134.209.98.69/link-poker-deposit-pulsa-terpercaya-di-indonesia/

Balas

ZeusBola - Bandar Sabung Ayam, Casino, dan Slot Terpercaya
Menerima Deposit via Pulsa Tanpa Potongan
Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
Pendaftaran : http://zeusbola1.com

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Whatsapp : 0822 7710 4607

Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

Balas

MuseumAyam sabung ayam online Terpercaya & Terpopuler Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

Daftar Sabung Ayam

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

Kontak Resmi MuseumAyam
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Balas

Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

9 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Pot Limit Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis Tanpa Potongan
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Daftar Judi Poker Online Terbaru

Freechip natal & tahun baru

Balas

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021
Bandar Togel Indonesia
Situs Agen Togel Terbaik
SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

MBO128 BANDAR TOGEL ONLINE 2021

Buruan gabung di MBO128 SEKARANG JUGA!
PROMO BONUS NEW MEMBER 50%
Claim sekarang sebelum habis !!!

Minimal DEPOSIT Rp.25.000
Minimal TARIK DANA Rp.50.000

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

KONTAK :
WhastApp: 0852-2255-5128

Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

• PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

• BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

• E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

Balas

SITUS SLOT ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA 2021 PROMO TERBARU DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021
Bandar Togel Indonesia
Situs Agen Togel Terbaik
SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

BONUS NEW MEMBER 50%
DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!
TIDAK PERLU BINGUNG LAGI DENGAN POTONGAN PULSA!!
Mari Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
Banyak Permainan yang Mudah Menang loh...

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR TOGEL ONLINE

Minimal DEPOSIT Rp.25.000
Minimal TARIK DANA Rp.50.000

KONTAK :
WhastApp: 0852-2255-5128

Balas

SITUS SLOT & SABUNG AYAM ONLINE 2021 TERBAIK PROMO BONUS NEW MEMBER 15% !!

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021
Bandar Togel Indonesia
Situs Agen Togel Terbaik
SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

Banyak jackpot Menanti Anda !
Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
BONUS NEW MEMBER 15%
Bonus Harian 10%
Minimal Dp 10Rb
DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR TOGEL ONLINE

Minimal DEPOSIT Rp.25.000
Minimal TARIK DANA Rp.50.000

KONTAK :
WhastApp: 0852-2255-5128

Balas

Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

11 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull
* Capsa Susun (New Versi)
* QQ Spirit

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Bandar QQ Spirit Deposit Pulsa 24 Jam Tanpa Offline

QQ Spirit Deposit OVO Termurah 10 Ribu Terpercaya

Balas

Winning303

PENAWARAN PROMOSI:
Promo Deposit Pulsa dengan Potongan 20% Via TELKOMSEL / XL

Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook / SBOBET
2. Live Casino / Baccarat live sexy
3. Slot Online / Slot JOKER
4. Sabung Ayam S128 / sv388
5. Poker IG / Poker IDN POKER

• Bonus new member 20%
• Bonus Next Deposit 10%
• Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
• Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
• Bonus Cashback 5-10 %
• Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
Website : Winning303,us (ganti koma jadi titik)
WA:+6287785425244

Balas

Kunjungi Result Togel Terupdate Saat ini

RESULT TOGEL

Ayo bergabung bersama kami sekarang juga ...

Info lengkap Silakan di add WA : 0877 8542 5244
Cs 24 Jam Online

Balas

Ingin bermain Slot secara gratis dan mendapatkan Review seputar Slot Game setiap harinya ?

Yuk , bisa coba kunjungi Link kami dibawah ini

Slot Gold Train Permainan Slotgames GACORR !!!

Mainkan Slotgames kesayangan anda secara GRATISSS sekarang juga !!

Balas

Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq terbaik , Domino

99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk

anda semua

Bonus yang diberikan NagaQQ :
* Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
* Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
* Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
* Minimal Depo 15.000
* Minimal WD 20.000
* Deposit via Pulsa TELKOMSEL
* 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER

ONLINE
Terbaik di masanya

12 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
* Poker Online
* BandarQ
* Domino99
* Bandar Poker
* Bandar66
* Sakong
* Capsa Susun
* AduQ
* Perang Bacarrat
* Perang Dadu
* BD QQ
* Adu Sakong (New Game)


Info Lebih lanjut Kunjungi :
Website : NAGAQQ
Facebook : NagaQQ official
WHATSAPP : +62 87833350051
Line : Cs_nagaQQ
TELEGRAM :+855967014811

Balas

Menang kalah dpat Bonus 5% ayo bermain casino di bolavita
semakin byk bermain semakin banyk Rolingan ny...
ayo tgu apa lagi silahkn regis dan buktikan sendri ^^
New member 10%
sialhkan hub : WA :0812-1495-2061

Balas

Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi
Kami Juga menyediakan Banyak Permaianan Hanya Dengan 1 ID
Deposit Pulsa Dari 10RB
Buruan Join Dan Rasakan Kemenangannya
☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->