Pengertian Global Warming (Pemanasan Global)

Pengertian Global Warming (Pemanasan Global) - Mungkin istilah global warming sudah jamak Anda dengar akhir-akhir ini, dan sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun, mungkin saja masih ada yang belum mengetahui tentang global warming. Dan pada kesempatan ini, blog sederhana ini akan berbagi sedikit tentang pengertian global warming.

Seperti yang kita rasakan saat ini, planet kita, bumi kita tercinta dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan suhu yang sungguh mengkhawatirkan. Ditambah, beberpa dekade kebelakang sudah banyak terjadi bencana-bencana dan fenomena-fenomena alam yang cenderung spontan, serta tidak dapat diprediksi. Bencana tersebut seperti tanah longsor, banjir, angin puting beliung, sampai curah hujan yang mulai tidak bisa dikontrol dan tidak menentu.

pengertian global warming (pemanasan global)
Ilustrasi Global Warming


Bencana-bencana alam yang disebutkan di atas,  adalah contoh sederhana dari tanda-tanda kerusakan planet bumi. Atau bisa dikatakan bumi sudah sangat tua dan sedang mengalami proses kehancuran. Salah satu penyebab dari terjadinya proses tersebut adalah terjadinya pemanasan global (global warming). Secara sederhana, pengertian global warming atau pemanansan global adalah peningkatan suhu yang terjadi dari rata-rata permukaan bumi.

Pengertian Global Warming Beserta Penyebabnya


Berdasarkan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, menghasilkan kesimpulan bahwa semakin meningkatnya suhu bumi karena disebabkan oleh efek rumah kaca, dan gas-gas karbon dari kendaraan manusia. Ini menandakan pemanasan global (global warming) terjadi atas prilaku manusia itu sendiri.

Peneliti-peneliti dunia yang tergabung dalam IPCC ( International Panel on Climate Change), setiap tahunnya selalu mengadakan pertemuan guna mendiskusikan tentang fakta-fakta terbaru yang dihasilkan dari penelitiannya tentang pemanasan global. Yang mana hasil dari diskusi mereka tersebut akan menghasilkan kesimpulan dan laporan, kemudian laporan-laporan tersebut dikumpulkan dan akan dijadikan otorisasi untuk memecahkan masalah atau menemukan solusi dari persoalan yang ada.
Yang mencengangkan, hasil laporan dari diskusi IPCC bahwa salah satu hal yang mereka temukan dari penyebab pemanasan global yaitu efek rumah kaca, dan gas-gas karbon. Yang pada dasarnya gas-gas dan efek rumah kaca tersebut yang bertanggung jawab secara langsung hingga terjadinya pemanasan global sekarang ini. Hal ini membuktikan ternyata manusia sendirilah yang berkontribusi paling banyak dari terjadinya global warming ini.

Pengertian global warming merupakan sebuah fenomena alam dimana suhu permukaan planet bumi semakin memanas secara bertahap, hingga mencapai puncaknya, yaitu titik dimana panasnya dapat merusak keseimbangan global. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi karbon dioksida yang dihasilkan oleh aktifitas kerja manusia, seperti asap kendaraan bermotor, mmobil, mesin pabrik, pembakaran sampah, dan lain sebagainya.

Sedangkan hutan dan pohon-pohonnya sebagai paru-paru bumi, yang sejogjanya dapat menyerap karbon dioksida, semakin lama semakin berkurang karena penebangan liar (illegal loging) oleh tangan tak bertanggungjawab, perluasan lahan pabrik, dan aktifitas manusia lain yang luput dari perhatian pemerintah.

Global warming ini juga dapat berakibat bergesernya cuaca. Akibatnya pola cuaca secara global di seluruh dunia akan mengalami perubahan yang drastis, dan dampak terbesarnya adalah terjadinya kekeringan di berbagai daerah di dunia, ketidakteraturan iklim, banjir pun akan kerap terjadi, munculnya musim pancaroba, pergantian waktu yang semakin cepat, hal-hal tersebut telah kita rasakan saat ini.

Penyebab dari pengertian global warming juga es di kutub utara dan selatan, mencair lebih cepat dari sebelumnya. Akibatnya akan membanjiri garis pantai di dunia, atau bahkan dapat meneggelamkan pulau-pulau di dunia, serta akan menurunkan salinitas lautan dengan drastis, yang akan mengganggu arus dasar dan muka laut, yang berguna untuk mengatur suhu di seluruh dunia sehingga berdampak iklim setempat akan berubah dengan drastis.
Beberapa akibat dari pengertian global warming tersebut, dan bahaya-bahaya yang akan muncul akibat global warming, tentunya kita sebagai umat penghuni bumi, tidak menginginkan bencana-bencana tersebut semakin parah. Oleh karenanya setiap kita haruslah bijaksana dalam memanfaatkan alam, dan lebih bijak dalam hidup, hal ini akan mampu mencegah pemanasan global lebih parah. Jadi sekecil apapun sumbangsih kita untuk menyelamatkan bumi, jika dilakukan bersama-sama, maka akan nampak besar sumbangsih yang kita berikan.

Cara Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming)

Seperti yang dijelaskan dalam pengertian global warming, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi terjadinya pemanasan global, diantaranya:

Matikan listrik jika tidak digunakan

Jika kita telah selesai menggunakan alat elektronik, maka segerakan untuk mematikannya. Jangan sekali-kali meninggalkan alat elektronik tersebut dalam keadaan standby. Jadi matikan lampu saat siang hari, cabut charger saat tidak dipakai, matikan televisi saat ditinggal pergi, dan lainnya. Listrik memang tidak mengeluarkan emisi karbon, namun pembangkit listrik yang digunakan PLN menggunakan bahan bakar fosil, dan ini akan menyumbang emisi karbon yang besar bagi alam.
Gunakan bohlam lampu hemat energi
Jika di rumah atau kamar kita masih menggunakan bohlam lampu yang membutuhkan banyak daya listrik, maka mulai sekarang gantilah pada bohlam lampu yang hemat energi, seperti bohlam lampu CFL serta sesuai dengan daya listrik yang ada pada rumah kita. Umumnya harga bohlam jenis ini lebih mahal, namun jenis bohlam lampu tersebut dapat bertahan lebih lama dan lebih hemat energi listrik tentunya.

Aturlah suhu AC sesuai kebutuhan
Jika di kantor, kamar, atau rumah Anda terdapat AC, maka perhatikanlah seluruh keadaan ruangan, pastikan seluruh pentilasi, jendela, pintu atau lainnya telah tertutup rapat selama menyalakan AC. Dan aturlah suhu AC sesuai kebutuhan, atau sekitar 20-24 derajat celcius.
Mulailah menanam pohon

Selanjutnya cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah menanam pohon. Mulailah menanam pohon dan tanaman hijau di pekarangan rumah atau lingkungan sekitar. Memberikan edukasi untuk menanam pohon kepada anak-cucu kita juga sangat dianjurkan. Dengan menanam pohon, berarti kita telah mendukung gaya hidup go green, serta dapat menjaga kita, keluarga, dan orang di sekitar kita terhindar dari bahaya polusi udara karena zat emisi karbon dioksida.

Menjemur pakaian di luar ruangan

Mengeringkan pakaian dengan angin dan panas dari matahari sangat dianjurkan, ketimbang mengeringkan dengan memakai meseni pengering. Mesin pengering yang umumnya dipakai untuk mengeringkan pakaian, mengeluarkan banyak emisi karbon ke alam, dan berperan menimbulkan pemanasan global.

Minimalisir pemakaian plastik
Ketika plastik dibakar, akan menghasilkan gas yang sangat berbahaya bagi udara. Sedangkan jika tidak dibakar, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengalami pembusukan. Oleh karena itu, hal mulailah untuk tidak menggunakan benda yang berbahan plastik, atau paling tidak diminimalisir penggunaannya. Di dunia, kampanye untuk anti plastik dikenal dengan Say no to plastic. Akan lebih bagus jika Anda dapat mendaur ulang sampah-sampah plastik di sekitar Anda.

Melakukan kampanye penyelamatan bumi

Dan cara terakhir adalah mengajak sebanyak mungkin orang untuk ikut melestarikan bumi. Cara yang satu ini merupakan cara yang efektif. Sebab dengan begitu kita memiliki banyak teman seperjuangan yang memiliki visi dan misi yang sama, yaitu mencegah terjadinya global warming. Sebarluaskan informasi tentang pengertian global warming, penyebanya, akibatnya, dan cara-cara yang dapat dilakukan untuk penyegahannya, kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun.
Akhirnya, dalam pengertian global warming, dari sisi minuman dan makanan, hal-hal yang dapat kita lakukan meliputi membatasi mengkonsumsi daging; masak dan makanlah makanan yang berasal dari bahan yang masih segar; membeli produl-produk lokal; menghindari makanan yang berbau fast food; mulailah dengan gaya hidup sehat setiap saat, dengan rutin berolahraga.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian global warming dari blog sederhana ini. Baca juga informasi pengertian yang lainnya disini. Semoga pembahasan di atas bermanfaat, dan semoga bisa menambah khasanah keilmuan kita bersama. Sampai jumpa di postingan berikutnya. See You.. :)

2 komentar

Terimakasih sudah share artikel ini, bermanfaat banget

Balas

Artikel yang lengkap dan menarik, mari tahan lajunya pemananasan global dengan menanam pohon ! Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN KEUNTUNGAN EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"
Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->