Pengertian Multimedia Menutur Para Ahli, Jenis-jenis, Karakteristik, Dan Contohnya

Pengertian Multimedia Menutur Para Ahli, Jenis-jenis, Karakteristik, Dan Contohnya - Saat ini kita hidup di era teknologi informasi, era dimana alat-alat teknologi digital dilahirkan. Bukan tanpa alasan, lahirnya penemuan-penemuan di bidang teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Komputer, internet, e-mail, dan lainnya, merupakan deretan penemuan besar manusia yang tercipta di era ini. Dan hingga dewasa ini, penemuan-penemuan tersebut telah memiliki sumbangsih nyata dalam membantu mempermudah pekerjaan manusia.

pengertian multimedia
Ilustrasi Multimedia

Selain bertujuan mempermudah pekerjaan manusia, penemuan-penemuan di bidang teknologi informasi juga bertujaun membantu memenuhi kebutuhan manusia yang semakin komplek. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi di dunia teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama kebutuhan informasi dan hiburan (intertainment). Dan salah satu penemuan yang paling dikenal adalah munculnya istilah multimedia. Maka kemudian banyak diciptakannya alat-alat yang mendukung konsep multimedia ini.

Pengertian Multimedia Menurut Bahasa, Istilah, Dan Menurut Para Ahli


Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua suku kata, yaitu multi dan media. Multi berati banyak atau bermacam-macam, sedangkan media berarti alat atau sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi (pesan). Jadi, menurut bahasa multimedia dapat diartikan alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.

Pengertian multimedia menurut istilah adalah penggunaan sarana (media) yang menyajikan kombinasi (gabungan) berbagai elemen informasi, seperti animasi, video, teks, suara, graphics, maupun gambar yang bersifat interaktif yang bertujuan menyampaikan informasi, atau sekedar memberikan hiburan kepada si peneriman.

Sedangkan menurut pendapat beberapa ahli, pengertian multimedia cenderung beragam, namum tentunya memiliki substansi yang sama. Berikut adalah beberapa pengertian multimedia menurut beberapa ahli:

Mc. Comick, 1996
Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text.
Rosch, 1996
Kombinasi dari komputer dan video.
Hofstekter, 2001
Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Robin dan Linda, 2001
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.
Turban, dkk., 2002
Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.

Pada awal kemunculannya (1990), umumnya multimedia digunakan dalam bidang hiburan. Setelah itu barulah multimedia juga diadopsi kedalam dunia game. Hingga saat ini, karena perkembangan teknologi informasi multimedia juga diaplikasikan kedalam dunia pendidikan dan bisnis. Dalam dunia pendidikan, multimedia dimanfaatkan untuk menjadi media pengajaran, atau e-learning. Sedangkan dalam dunia bisnis, multimedia dimanfaatkan untuk menyampaikan profil perusahaan, profil produk, sistem informasi, dll.

Jenis-Jenis Multimedia


Setelah kita memahami pengertian multimedia, selanjutnya kita perlu mengetahui jenis0jenis multimedia. Multimedia dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu multimedia content production dan multimedia communication. Dan berikut penjelasannya:

Multimedia Content Production merupakan hasil (produk) dari proses penggabungan beberapa media (audio, teks, animasi, graphics, interactivity, serta video) untuk menyampaikan sebuah informasia. Yang mana hasil dari proses itu disebut produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll.). Di multimedia jenis ini, media yang digunakan berupa:
  • Media Audio
  • Media Teks
  • Media Animasi
  • Media Video
  • Media Graph / Image
  • Media Spesial Effect
  • Media Interactivity

Sedangkan Multimedia Communication merupakan proses penggunaan media (massa), seperti media cetak, radio, televisi, serta internet yang bertujuan untuk menyampaikan/menyiarkan/mempublikasikan/ mengkomunikasikan sebuah pesan atau informasi, seperti news (berita), material advertising (iklan), entertaintment (hiburan), publicity (publikasi), education (pembelajaran/pendidikan/tutorial), dll. Di multimedia jenis ini media yang digunakan berupa:
  • Media Cetak
  • Radio
  • TV Film
  • Game
  • Musik
  • Entertainment
  • ICT (Internet)

Karakteristik Multimedia


Dari segi karakteristik, multimedia dapat dibedakan menjadi 2 bentuk: yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif. Dan berikut adalah penjelasannya:

Multimedia Linier merupakan sebuah struktur multimedia yang tidak menyediakan alat kontrol bagi penggunanya. Multimedia ini bersifat sekuensial (lurus/berurutan). Artinya, si pengguna hanya dapat bernafigasi sesuai ketentuan urutan dari satu frame/bite informasi ke frame/bite yang lainnya. Contohnya seperti Televisi dan Film.

Sedangkan Multimedia Interaktif adalah kebalikan dari Multimedia Linier. Dimana pengguna dapat bebas bernafigasi tanpa rute atau alur yang telah ditentukan, karena media ini menyediakan alat kontrol atau alat bantu lain (komputer, mouse, keyboard dan lainnya) yang dapat dioperasikan oleh pengguna untuk mengontrol media tersebut. Contohnya seperti program perangkat lunak, seperti game, pemutar audio, video, image, dll. 

Demikianlah artikel dari blog sederhana ini, tentang pengertian multimedia, jenis-jenis, karakteristik, dan contohnya. Semoga bermanfaat, dan semoga menambah wawasan pengetahuan kita. Sampai jumpa di pengertian-pengertian lainnya. So Thank's.. :)

2 komentar

tolong cantumin sumbernya dong, yang jenis dan karakteristiknya blm ada sumber

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->