Pengertian Energi Dan Macam-Macam Energi Di Dunia

Pengertian Energi Dan Macam-Macam Energi Di Dunia - Fisikawan, atau ilmuwan yang ahli di bidang gaya, gerak dan energi, mengatakan bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan, atau kekuatan yang menggergerakan sesuatu, seperti gravitasi. Ada banyak berbagai jenis energi di dunia atau di alam semesta ini, dan energi-energi tersebut dapat melakukan hal berbeda.

Energi dibutuhkan oleh kita untuk melakukan pekerjaan dan membuat semua gerakan. Saat makan, tubuh kita mengubah makanan menjadi energi untuk melakukan pekerjaan. Ketika kita berjalan atau melakukan beberapa pekerjaan, kita 'membakar' energi dalam tubuh kita, sehingga saat kita kelelahan berarti kita kehabisan energi dalam tubuh kita.

pengertian energi
Ilustrasi Energi

Bukan hanya tubuh kita yang mengubah energi untuk melakukan pekerjaan. Tetapi mobil, sepeda motor, pesawat, troli, kapal, dan mesin juga mengubah energi menjadi kerja. Kerja dalam arti bergerak, mengangkat sesuatu, memanaskan atau meneraangkan sesuatu. Oleh karenanya muncul berbagai sumber energi yang dapat membantu kita, untuk menjalankan mesin-mesin yang diciptakan oleh manusia.

Macam-Macam Energi Di Dunia


Setelah kita mengetahui pengertian energi, selanjutnya kita perlu mengetahu macam-macam energi tersebut. Energi dapat ditemukan dalam banyak hal, dan memiliki berbagai macam bentuk. Ada semacam energi yang disebut energi kinetik pada objek yang bergerak. Ada sesuatu yang para ilmuwan sebut energi potensial pada objek diam yang akan membuat mereka bergerak jika resistensinya dihilangkan (menghilang). Tetapi diluar itu, masih banyak macam energi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, untuk melakukakan pekerjaannya, seluruh energi ini diukur dalam 'joule'. Dan berikut adalah macam-macam energi :

Energi Kinetik (Kinetic Energy)
Adalah energi yang muncul dari gerakan suatu massa benda, atau kata lain energi ini disebut energi gerak. Benda yang memililiki massa lebih berat, ketika bergerak akan memiliki energi kinetik lebih banyak. Energi ini dapat dihitung dengan rumus KE = 1/2mv2. Contoh dari energi ini seperti suara, listrik, dan cahaya.

Energi Potensial (Potential Energy)
Merupakan energi yang derdapat pada benda yang disebabkan benda tersebut berada dalam suatu gaya. Contoh dari energi ini seperti gravitasi atau magnetik.

Energi Radiasi Atau Energi Surya (Radiant/Solar Energy)
Adalah energi yang berasal dari cahaya dan kehangatan matahari. Energi radiasi disebut juga energi dari gelombang elektromagnetik. Jenis energi ini dapat melakukan perjalanan melalui ruang. Sebagai contoh, kita menerima panas dari matahari, yang terletak sangat jauh dari bumi melalui radiasi. Panas matahari tidak dikirim melalui media padat kepada kita, tetapi melalui ruang hampa. Hal ini dimungkinkan oleh gelombang elektromagnetik.

Energi Panas (Thermal Energy)
Energi yang dimuncul terkait dengan panas suatu benda. Misalnya, secangkir teh panas memiliki energi panas dalam bentuk energi kinetik dari partikel yang bergetar. Ketika Anda menuangkan air susu digin ke dalam teh panas Anda, sebagian energi ini berpindah dari teh panas ke partikel dalam susu dingin. Kemudian yang terjadi, secangkir teh akan menjadi dingin karena kehilangan energi panas yang pindah ke dalam susu.

Energi Kimia (Chemical Energy)
Adalah energi yang disimpan dalam ikatan senyawa kimia (atom dan molekul). Baterai, biomassa, minyak bumi, gas alam, dan batu bara adalah contoh dari energi kimia yang tersimpan. Sebagai contoh, ketika sebuah ledakan berbunyi, energi kimia yang tersimpan di dalamnya dipindahkan ke lingkungan sebagai energi panas, energi suara, atau energi kinetik.

Energi Listrik (Electrical energy)
Merupakan energi yang timbul terkait dengan gerakan elektron. Energi ini kita gunakan untuk menjalankan gedget kita, seperti smartphone, televisi, radio, dll. Energi ini dapat dipindahkan dari sumber satu kepada yang lainnya. Media yang dapat menghantarkan energi ini disebut konduktor, dan media yang tidak dapat menghantarkan energi ini disebut isolator.

Energi Elektromagnetik Dan Energi Massal (Nuklir)
Energi elektromagnetik adalah energi yang dihasilkan melalui gelombang cahaya (termasuk gelombang radio, gelombang mikro, sinar-x, gelombang inframerah). Sedangkan energi nuklir adalah energi yang ditemukan dalam struktur atom. Energi ini timbul ketika inti atom terpecah (fisi) atau menyatu bersama-sama (fusi).

Demikian penjelasan tentang pengertian energi dari blog yang sederhana ini. Semoga bermanfaat, dan semoga menambah wawasan kita semua. Sampai jumpa lagi di artikel pengertian berikutnya. See you.. :)

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->