Pengertian Pemasaran (Marketing)

Pengertian Pemasaran (Marketing) - Pemasaran (marketing) merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi inilah yang menjadi penentu harga barang dan jasa. Selain pemasaran, terdapat pula faktor penting penentu nilai ekonomi tersebut, seperti produksi serta konsumsi.

pengertian pemasaran
Ilustrasi Pemasaran (Marketing)


Pemasaran sebagai penghubung antara kegiatan produksi dengan konsumsi. Banyak para ahli yang telah memberikan definisi atau pengertian tentang pemasaran ini. Tentunya definisi yang diberikan akan berbeda menurut ahli yang satu dengan ahli lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pandangan dari para ahli tersebut mengenai pemasaran ini. Berikut adalah beberapa definisi atau pengertian pemasaran menurut beberapa ahli:

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli


Philp Kotler
Pemasaran adalah suatu proses social yang didalamnya terdiri dari individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

William J. Stanton 
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan binis yang ditujukan untuk merencanakan, menetukan harga, mepromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Boyd, Walker, Larreche
Pemasaran adalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi dan pengendalian program pemasaran yang meliputi kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi dari produk, jasa, dan ide yang ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

WY. Stanton
Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Philip dan Duncan
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible (jelas atau berbentuk) ke tangan konsumen.

Dari beberapa pengertian pemasaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa, pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang terpadu, dirancang sedemikian rupa untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan keinginan konsumen serta mencapai target/sasaran pasar dan tujuan perusahaan melalui proses transaksi/pertukaran. Dan pada dasarnya Pemasaran tidak boleh dilepaskan dari 4P (Price, Produck, Place, dan Promotion). Apa itu 4P? Berikut adalah pembahasannya.

4P Dalam Pemasaran (Marketing)


Dalam menjalankan suatu rencana maupun strategi, dibutuhkan hal-hal mendasar yang mendukung ketercapaian rencana atau strategi tersebut. Demikian juga halnya dengan pemasaran. Hal-hal yang mendasar dalam proses pemasaran (marketing) yaitu 4P (Price, Produck, Place, dan Promotion). Berikut adalah penjabarannya:

Product (Produk)
Produk adalah barang atau jasa yang didesain sedemikian rupa dengan tujuan untuk dipasarkan. Produk yang berkualitas akan memiliki nilai jual tinggi, serta akan mampu menarik calon pelanggan untuk membelinya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan produk/jasa yaitu: fungsi; kualitas; kemasan; penampilan; layanan; dukungan; dan garansi.

Price (Harga)
Setelah produk dan jasa yang kita ingin pasarkan telah ada, barulah kita menetukan harga jual produk/jasa kita tersebut. Harga adalah besaran uang yang harus diberikan oleh pelanggan kepada kita, untuk dapat menggukan produk atau jasa kita. Harga ini bisa saja murah atau mahal, hal ini disesuaikan dengan target market kita.

Place (Tempat)
Tempat (place) juga berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran. Tempat yang strategis akan lebih mengundang banyak pelanggan baru, ketimbang tempat yang sulit dijangkau oleh pelanggan. Tentukanlah tempat yang tepat untuk toko produk/jasa kita. Yang perlu diperhatikan dalam menentukan tempat adalah lokasi mudah dijangkau, strategis dan jangkauan dukungan seperti website, telepon dall.

Promotion (Promosi)
Promosi adalah hal terpenting dalam proses marketing. Kunci keberhasilan dalam proses pemasaran ditentukan oleh promosi ini. Karena promosilah yang pada dasarnya menawarkan produk atau jasa kita dipilih dan dibeli oleh pelanggan. Dalam melakukan promosi, ada beberapa hal yang umumnya dilakukan seperti periklanan, penjualan langsung,  public relations (hubungan masyarakat), media, serta penentuan anggaran.

Demikian penjelasan Pengertian Pemasaran dari blog sederhana ini. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Baca juga pengertian-pengertian lainnya. Thank's.. :)

1 komentar :

Tugas Marketing Walaupun sudah tersummary di paragraph pertama, mendetail kan semua informasi tidak kalah penting dengan summary. Karena nama nya release (yang dibagikan untuk melengkapi keterangan), maka harus lengkap memberi informasi2 penting, agar media/jurnalis tidak salah mengutip dari sumber yang belum bisa diverifikasi. Kalo kita kasih semua informasi yang lengkap dan jelas, maka kita bisa memperingan kerjaan temen-temen media.

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->