Pengertian Browsing | Sejarah & Perkembangan Web Browser

Pengertian Browsing - Anda pastilah pernah terhubung dengan internet bukan? Saat Anda terhubung dengan internet, apakah Anda pernah mencari informasi semisal berita ter-update, atau informasi lain yang sedang Anda ingin tahu di internet? Nah, aktifitas-aktifitas Anda tersebut dikenal dengan istilah browsing internet.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan internet memiliki istilah yang beragam. Keberagaman tersebut tentunya menggambarkan perbedaan aktifitas yang dilakukan. Dan khusus istilah untuk menggambarkan kegiatan mencari informasi di internet, juga terdapat beragam sebutan seperti surfing, searching dan browsing. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan apa yang dimaksud pengertian browsing.

Pengertian Browsing Internet | Apa Arti Kata Browsing?


Pengertian Browsing adalah sebuah istilah yang digunakan dalam dunia komputer jaringan atau internet yang menggambarkan aktifitas pencarian informasi melalui situs web browser. Istilah browsing sering disamaartikan dengan istilah searching. Karena kata searching yang berarti 'mencari', menggambarkan aktifitas pencarian informasi tersebut. Namun, padahal kedua istilah tersebut sangatlah berbeda. Jika searching menggambarkan aktifitas pencarian dengan search engine, maka browsing merupakan alat dimana search engine itu berjalan.

Pengertian Browsing Internet
Ilustrasi Aktifitas Browsing

Baik istilah browsing maupun searching, dewasa ini sudah sangat akrab di telingan kita semua. Hal ini disebabkan karena semakin pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Internet sudah bukan lagi barang mewah, tetapi telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang untuk bisnis, ada pula sebagai sumber informasi. Orang-orang yang menggunakan internet sebagai sumber informasi itulah yang tidak akan lepas dari kegiatan browsing, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk bisnis juga.

Pengertian Browser | Apa Itu Web Browser?


Seperti dalam pengertian browsing yang dijelaskan di atas, ada hal yang sangat fundamental (mendasar) dan sangat penting keberadaannya saat Anda melakukan aktifitas browsing, yaitu Web Browser yang dalam bahasa Indonesia diartikan 'Peramban Laman'. So, mari kita simak penjelasan Apa itu browser?

Pengertian Browser atau web browser merupakan sebuah program aplikasi perangkat lunak (software) untuk mencari, melintasi, menterjemahkan, mengambil, serta menyajikan informasi yang bersumber dan tersimpan dalam database WWW (World Wide Web).

Fungsi utama dari browser adalah untuk terhubung dengan World Wide Web. Fungsi lainnya yaitu yaitu sebagai alat (tools) untuk mengakses informasi atau data yang tersimpan dalam web server melalui jasa penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP), serta mampu mengkases berbagai jenis file yang tersimpan di dalam sebuah file system. 

Pengertian Browser | Cara Kerja Browser


Setelah Anda mengetahui pengertian browser, selanjutnya akan dijelaskan cara kerja browser itu sendiri. Secara teknis, browser atau web browser bekerja menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk membuat permintaan dari Web server di seluruh internet atas nama pengguna browser tersebut.

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol merupakan jenis prefiks dari Uniform Resource Identifier (URI) yang paling sering dipakai. Prefiks ini digunakan untuk mengakses file atau data yang berada dalam Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Saat mengaksesnya, diharuskan menyertakan http: sebelum menuliskan alamat lokasi file URL (Uniform Resource Locator).

Hingga saat ini, telah banyak browser yang mendukung prefiks selain http:, seperti https: digunakan untuk mengidentifikasi sumber dari HTTPS,  ftp: digunakan untuk mengakses File Transfer Protocol, serta prefiks file: untuk mengakses file lokal yang ada dalam komputer Anda. Namun, tidak semua prefiks didukung oleh browser, sehingga browser secara otomatis memerlukan bantuan dari program lain. Misalnya mailto: memerlukan bantuan program e-mail lainnya, news: mengalihkan perintah kepada Newsgroup penggunanya.

Pengertian Browser | Sejarah Perkembangan Browser


Web browser pertama adalah WorldWideWeb, diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990. Browser ini kemudian berganti nama menjadi Nexus, untuk menghindari kebingungan dengan ruang informasi internet yang dikenal sebagai World Wide Web (www). Sedangkan Web browser pertama dengan antarmuka grafis (graphical user interface) adalah Mosaic, yang diperkenalkan pada tahun 1993. Banyak pengguna fitur antarmuka di Mosaic masuk ke Netscape Navigator. Microsoft mengikutinya dengan menciptakan Internet Explorer (IE).

Seiring berkembangnya dunia internet, pada September 2006, Internet Explorer merupakan browser yang paling banyak digunakan, setelah memenangkan persaingan yang disebut 'perang browser' antara Internet Explorer (Microsoft) dan Netscape Navigator (Netscape). Namun, kemudian banyak pengguna yang kecewa dengan performa Internet Explorer.

Salah seorang yang merasakan kekecewaan dengan performa Internet Explorer adalah Blake Ross, pemuda yang kemudian menggagas browser open source Mozilla Firefox. Hingga akhir 2010, menurut data yang dikeluarkan StatCounter, browser Mozilla Firefox dipakai sekitar 32 % pengguna internet di seluruh pelosok dunia. Dan untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa web browser yang banyak digunakan saat ini:

Pengertian Browsing (Contoh Web Browser)
Ilustrasi Logo Web Browser
  • Internet Explorer, browser keluaran Microsoft yang masuk dalam paket Microsoft Windows.
  • Firefox, yang dikembangkan dari Mozilla (versi open source dari Netscape).
  • Safari, browser dari Apple Inc. untuk komputer Apple (pada tulisan ini, browser yang paling populer ketiga). 
  • Opera, browser besutan Opera Sofware, browser yang kompatible dengan sebagian besar sistem operasi, performanya relatif cepat dan stabil.  
  • Chrome, browser yang digagas raksasa search enggine Google.
  • Flock, browser open source berbasis Firefox dan dioptimalkan untuk Web 2.0 fitur seperti blogging dan bookmark sosial.  
  • Lynx, browser teks saja untuk pengguna UNIX shell dan VMS. 

Nah, demikianlah penjelasan sederhana tentang pengertian browsing. Semoga bermanfaat, dan semoga menambah khasanah pengetahuan baru untuk semua. Jangan ragu untuk men-share jika informasi tersebut penting untuk orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terimakasih telah mampir di blog ini, dan terimakasih telah membaca artikel Pengertian Browsing | Sejarah & Perkembangan Web Browser.

4 komentar

Terima kasih artikel nya gan. Menambah wawasan, ditunggu artikel-artikel selanjutnya.
Thanks Birrul Walidain

Balas

Terimakasih atas artikel nya yang sangat membantu dan menambah pengetahuan pembaca...
cek juga disini internet cepat

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->