Posisi Pemain Sepak Bola Dalam Formasi Sepak Bola

Posisi Pemain Sepak Bola - Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa sepakbola merupakan olahraga beregu, yang setiap regu diisi oleh 11 orang pemain. Dan dari 11 orang pemain tersebut memiliki posisinya masing-masing dalam formasi yang diinginkan pelatih. Posisi-posisi tersebut sangat beragam, tentunya dengan nama dan fungsinya masing-masing.

formasi sepak bola
Mungkin sebagian dari Anda mengenal posisi sepak bola sebagai kiper, bek kanan, bek kiri, striker, gelandang, dan lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya posisi pemain dalam formasi permainan sepakbola lebih kompleks dari beberapa posisi tersbut? Oleh karenanya, di postingan kali ini, akan dijelaskan macam-macam posisi pemain sepak bola dalam formasi sepak bola.

Macam-Macam Posisi Pemain Sepak Bola Beserta Fungsinya


Seperti disinggung sebelumnya pemain sepakbola memiliki banyak posisi yang berbeda dengan nama yang berbeda pula. Setiap posisi pemain sepak bola memiliki tugas tersendiri yang sangat spesifik, mulai sebagai pertahanan terhadap serangan lawan dalam mencetak gol, ada yang bertuga mengawasi pergerakan lawan kemanapun juga, dan lain sebagainya. Untuk mempermudah, kita akan mengkategorikan posisi sepak bola menjadi empat: kiper (goalkeeper), bek (defenders), gelandang (midfielders), dan penyerang (forwards). Nah, berikut penjelasannya.

Kiper / Penjega Gawang (GK)


Kiper / penjaga gawang / goalkeeper merupakan pemain yang dikenal dengan sarung tangannya. Goalkeeper memiliki posisi istimewa, karena hanya dia yang dapat menyentuh bola dengan tangannya dalam pertandingan (asalkan dia berada dalam area penalti sendiri, serta bola tidak sengaja diberikan kepadanya oleh rekan satu timnya).

posisi pemain sepak bola (goalkeeper)
Selain sebagai baris pertahanan terakhir, kiper adalah orang pertama dalam sebuah serangan. Itulah mengapa Kiperpun harus bisa membuat tendangan gawang yang baik, mampu memberikan bola yang strategis, serta mampu melempar ke teman satu tim tanpa melakukan blunder. Dalam pertandingan sepak bola goalkeeper (GK) memiliki empat peran utama yaitu saving, clearing, mengarahkan pertahanan, dan mendistribusikan bola.

Saving adalah tindakan untuk mencegah terjadinya goal dari pemain lawan, yaitu dengan usaha-usaha menghalau bola agar tidak masuk gawang seperti menepis bola, menangkap bola, meninju bola, dan lain sebagainya. Sedangkan clearing merupakan tindakan atau cara menjaga bola agar jauh dari daerah berbahaya.

Kiper juga memiliki peran mengarahkan pertahanan karena dia adalah pemain yang paling jauh di belakang dan dia bisa melihat di mana bek (defenders) harus memposisikan diri.Mendistribusikan bola terjadi ketika kiper memutuskan apakah akan menendang bola atau membuangnya setelah melakukan saving. Saat kiper melempar atau menendang bola ke arah teman satu timnya merupakan contoh dari awal serang.

Beberapa kiper terbaik dalam sejarah adalah Lev Yashin, Gordon Banks, Dino Zoff, Peter Schmeichel, Dida, Casillas, Van Der Saar, Oliver Khan, Gianluigi Buffon, serta masih banyak yang lainnya.

Pemain Bertahan (Defenders)


Salah satu tugas defenders adalah untuk melindungi kiper saat menguasai bola, mereka harus menganggap kiper sebagai orang penting yang tidak boleh didekati penyerang lawan, mencegah serangan lawan, dan memblok tembakan pemain lawan. Delam memjalankan tugas sebagai defenders dibutuhkan pemain yang fit, pekerja keras, dan cepat mengantisipasi pergerakan lawan. Biasanya, sebuah tim bermain dengan empat orang bek. Berikut macam-macamnya.

Bek Tengah/Center-Back (CB)


posisi pemain sepak bola (bek tengah)Dalam sebuah tim yang menempatkan empat pemain bertahan, center-back adalah dua bek yang di tengah. Menjadi center-back haruslah kuat, berani, serta baik pada saat berduel dengan penyerang lawan.

Memiliki postur tinggi merupakan keuntungan bagi pemain dengan posisi ini, karena akan memudahkan dia untuk memenangkan bola di udara, ini menjadi hal yang krusial dan penting dalam situasi tendangan sudut. Ronald Koeman, Fabio Cannavaro, dan Franco Baresi adalah beberapa bek tengah terbaik sepanjang masa.


Full-Back (LB, RB)


posisi pemain sepak bola (full back)Pemain Full-Back adalah bek yang diposisikan di samping. Mereka diklasifikasikan menjadi bek kiri atau Left-Back (LB) dan bek kanan atau Right-Back (RB). Defenders yang diposisikan antara mereka disebut Center-Backs (CB).

Tugas dari full-back adalah untuk mencegah lawan menyerang di sisi pertahanan (baik kanan maupun kiri). Oleh karenanya pemain dengan posisi ini harus cepat dan harus dapat mencegah lawan dalam memberikan crossing (umpan silang). Pemain full-back umumnya ditugaskan untuk mendampingi pergerakan pemain sayap lawan.

Bek Sayap/Wing-Back (LWB, RWB)


posisi pemain sepak bola (bek sayap)Wing-back atau bek sayap adalah full-back yang dapat bergerak maju hingga gawang lawan. Wing-back dibagi menjadi dua yaitu Bek Sayap Kiri atau Left Wing-Back (LWB) serta Bek Sayap Kanan atau Right Wing-Back (RWB). Dia menjelajah seluruh sisi panjang lapangan sepak bola.

Pemain dengan posisi ini selain mejaga pertahanan seperti umunya full-back, juga sesekali menciptakan serangan seperti halnya pemain sayap. Posisi ini adalah yang paling menuntut fisik di lapangan. Cafu dan Roberto Carlos adalah dua legenda sepak bola dunia dengan posisi sebagai wing-back.

Sweeper (SW)


posisi pemain sepak bola (sweeper)Sweeper berposisi di belakang garis pertahanan, tepat berada di depan kiper. Di era sepak bola modern sekarang, posisi ini hampir tidak lagi populer digunakan dalam pertandingan sepakbola. Namun, posisi ini sempat populer di masa lalu terutama dengan sistem catenaccio dari Italia .

Seperti namanya, tugas utama dari sweeper adalah untuk membersihkan (menyapu) bola dari penguasaan lawan yang berhasil menerobos para bek (defenders). Umumnya pemain dengan posisi ini memiliki kemampuan lebih dalam merebut dan menyapu bola dari serangan lawannya. Legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer merupakan sweeper yang paling luar biasa di antara semua sweeper.

Gelandang (Midfielders)


Gelandang atau midfielders merupakan pemain yang menghubungkan antara pemain serang dan pemain bertahan: mereka membawa bola hingga ke depan saat melakukan serangan dan mencegah serangan lawan sampai ke daerah pertahanan. Secara sederhana gelandang adalah saluran yang menghubungkan lini depan (penyerang /striker) dengan lini belakang (defenders).

Tanpa lini tengah yang solid, sangat sulit untuk untuk melakukan serangan dan mencetak goal, sedangkan jika bertahan resikonya adalah rentan terhadap serangan lawan. Berikut ini merupakan berbagai jenis gelandang dan peran yang mereka lakukan.

Gelandang Bertahan/Defending-Midfielder (DM)


posisi pemain sepak bola (defending midfielder)Gelandang bertahan atau defending-midfielder ditempatkan hanya di depan garis pertahanan. Tanggung jawabnya adalah untuk mencegah bola mencapai garis pertahanan. Dia harus terampil dalam memotong serangan lawan, merebut bola, dan memposisikan diri secara strategis. Claude Makelele dan Dunga adalah dua gelandang bertahan yang populer pada masanya.

Gelandang Tengah/Center-Midfielder (CM)


posisi pemain sepak bola (center midfielder)Seperti namanya, gelandang tengah adalah gelandang yang ditempatkan di tengah lapangan. Salah satu tugas dari gelandang tengah yaitu: menciptakan peluang bagi striker dan menghentikan serangan lawan. Memiliki stamina yang tinggi, kemampuan teknis, dan tanpa henti kerja keras adalah sifat dari jenis gelandang ini. Legenda hidup Liverpool, Steven Gerrard, merupakan gelandang tengah terbaik pada jamannya.

Gelandang Serang/Playmaker/Attacking-Midfielder (AM)


posisi pemain sepak bola (attacking midfielder)Gelandang serang adalah pemain lini tengah yang handal terutama dalam hal menyerang. Umumnya pemain dengan posisi ini memiliki kemampuan kontrol bola yang sangat baik dan teknik penguasaan bola yang mumpuni. Seorang playmaker menempati posisi yang sama sebagai gelandang serang, tapi melakukan peran yang berbeda.

Pemain dengan posisi ini dianggap sebagai otak dari sebuah tim, pemain paling terampil dalam membuat pola serangan serta mendistribusikan bola. Seorang playmaker harus mampu membuat keputusan yang baik. Umumnya playmaker memakai nomor jersey 10. Beberapa playmaker terkenal di jagad sepak bola seperti Mesut Ozil, Zinedine Zidane, Juan Riquelme dan lain sebagainya.

Gelandang Sayap/Winger (LW, RW)


posisi pemain sepak bola (winger)Pemain sayap atau winger memainkan peran yang sama sebagai gelandang serang, namun ia berfokus melakukan serangan dari sisi lapangan (baik kanan maupun kiri). Posisi ini sering dipakai dalam formasi 4-3-3 seperti dan 4-5-1. Sejak pemain sayap sering memainkan antara lini tengah dan garis ofensif, ia kadang-kadang diklasifikasikan sebagai penyerang.

Seorang pemain yang menempati posisi ini harus cepat, memiliki kemampuan dribbling yang sangat baik, dan akurat dalam melewati lawan. Seorang winger modern biasanya fleksibel, serta dapat menyerang dari tengah lapangan, kadang kala bisa alih peran penyerang. Ryan Giggs dan Garrincha adalah dua contoh winger yang pernah ada.

Penyerang (Forwards)


Forwards adalah pemain paling terkenal di antara pemain lain dalam sebuah tim, karena merekalah yang sering mencetak gol. Kelincahan, kecepatan, akurasi tembakan, kemampuan heading, dan kontrol bola yang apik adalah kualitas khas dari pemain dengan posisi ini. Penyerang tidak harus melakukan pekerjaan sebanyak pekerjaan pemain di lini tengah atau lini pertahanan, tetapi saat rekan tim memberinya bola ia harus mampu mengkonversi menjadi goal. Berikut adalah pembagian dari penyerang.

Striker/Center-Forward(CF)


posisi pemain sepak bola (striker)Penyerang tengah diposisikan dekat dengan gawang lawan, biasanya disebut striker. Umumnya mereka memiliki dua peran: pertama, mereka mencetak gol dari umpan-umpan dari rekan tim; kedua, mereka mengalihkan perhatian pertahanan untuk memberikan ruang bagi gelandang serang, pemain sayap, atau striker ditarik untuk menyerang.

Seorang striker harus brilian saat menerima dan mengontrol bola, harus kuat, dan mampu memenangkan bola dalam duel udara. Beberapa striker sepanjang masa seperti Batistuta, Ruud van Nistelrooy, dan Ronaldo.

Penyerang Sayap/Second Striker/Withdrawn Striker/Second-Forward/Wing-Forward (WF)


posisi pemain sepak bola (second striker)Withdrawn Striker adalah striker yang ditarik kebelakang dan melakukan penyerangan. Hal ini khas dalam melakukan strategi penyerangan untuk menempatkan dia sebagai pencetak gol utama sementara orang di depannya berfungsi sebagai pengumpan. Strategi ini sering digunakan dalam formasi 4-4-2.

Sebuah second striker harus memiliki akurasi passing yang sangat baik, karena dialah yang diharapkan untuk memberi umpan matang bagi seorang striker dan pada saat yang sama memiliki teknik penguasaan bola yang baik, karena ia sering menerima kembali umpan dari seorang striker untuk melakukan terobosan di pertahanan lawan. Legenda Brazil, Pele, bermain sebagai second striker selama karirnya.

Jenis Lain Dari Penyerang


Beberapa striker saat ini dibedakan dengan gaya bermain mereka, bukan hanya dengan nama posisi yang mereka isi di lapangan. Penyerang tengah merupakan striker yang sangat terampil mengantisipasi perangkap offside bek lawan, hingga mampu untuk berhadapan 'satu-lawan-satu' (one-on-one) dengan kiper lawan. Di mampu seperti itu karena ia pandai menempatkan dirinya sejajar dengan bek lawan. Davor Suker dari Kroasia dan Thierry Henry dari Perancis adalah contoh striker jenis ini.

Goal poacher atau pemburu goal (goal gatter) merupakan tipe striker selanjutnya yang sering mencetak gol dari dalam kotak penalti lawan. Dia tidak menciptakan peluang sendiri tetapi bergantung pada bola muntahan atau blunder dari bek lawan, dan hal ini ditentukan atas posisioning dirinya. Umumnya mereka dapat memanfaatkan kesalahan dari pertahanan lawan.  David Trezeguet dan Pippo Inzaghi merupakan contoh striker tipe ini. 

Baca Juga [Pengertian Permainan Sepak Bola Menurut Ahli Dan Fifa]
Baca Juga [Sejarah Perkembangan Permainan Sepak Bola Dunia]
Baca Juga [Taktik Dan Strategi Dalam Permainan Sepak Bola]
Baca Juga [Istilah-Istilah Dalam Permainan Sepak Bola]

Nah, itulah ulasan sederhana tentang Posisi Pemain Sepak Bola. Semoga dapat bermanfaat, dan bisa menambah informasi tentang olahraga terpopuler di dunia ini. Jangan sungkan untuk men-share informasi ini jika dianggap penting untuk diketahui banyak orang. Terimakasih sudah mampir ke blog ini, dan membaca artikel posisi pemain sepak bola dalam formasi sepak bola.

21 komentar

Ulasannya sangat lengkap.
Terimakasih, ini sangat membantu

Balas

terima kasih gan atas artikel ngebantu banget buat tugas heheh

Balas

PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yang merupakan agen mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.

Yang Merupakan Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man pada beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

main judi pakai pulsa

Ayo daftar sekarang di dewazeus.pw

Balas

BISA DEPOSIT PAKE PULSA

DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan agen agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di judi online terpercaya.

Juga Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man untuk beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.


https://dewazeus.pw/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
https://dewazeus.pw/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
https://dewazeus.pw/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/


Ayo gabung sekarang di dewazeus.pw

Balas

Makasih min... jdi tambah wawasanku ni

Balas

Makasih min... jdi tambah wawasanku ni

Balas

DEPOSIT BISA VIA PULSA TELKOMSEL!

Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa pelayanan terhadap awal akun permainan judi atau taruhan online bagi kamu di delegasi judi online yang bertaraf International, sungguh dan terpercaya hanya di zeusbola.

Sbg Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.


https://bolazeus.info/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
https://bolazeus.info/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
https://bolazeus.info/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
https://bolazeus.info/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/


Ayo daftar sekarang di bolazeus.biz

Balas

JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa pelayanan terhadap awal akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di kantor cabang judi online yang bertingkat International, jadi dan terpercaya hanya di http://104.248.148.252/.

Sbg Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man kepada beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.
main judi online deposit pulsa

Daftar sekarang hanya di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/

Balas

BONUS MEMBER BARU 20%

CemePoker yaitu perutusan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg menyediakan beraneka banyak game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan yang merupakan peserta judi poker bersama rating win tertinggi.
ceme poker menjamin 100% keamanan separo membernya terus pemain Poker awak dijamin 100% Player VS Player.
jangan sampai abai nantikan upah merengkuh setiap bulannya dan sagu hati referal segolongan pandangan hidup

https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

Ayo daftar hari ini hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

Balas

DEPOSIT BISA VIA OVO!

Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa layanan guna pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di kantor cabang judi online yg berkedudukan International, sahih dan terpercaya hanya di bolazeus.

Yang Merupakan Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man buat beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.


https://bolazeus.info/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
https://bolazeus.info/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
https://bolazeus.info/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
https://bolazeus.info/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

Atau nonton basket disini :
nontonbasket.net

Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

Balas

Winning303
Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

Dapatkan Kemudahan Dengan Deposit Via Pulsa..Bermain Tanpa Ribet...
Proses Cepat dan Aman...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: 087785425244

Balas

Situs Penyedia Layanan Sepak Bola Terbaik Sbobet Dan Bonus Member Baru Yang Besar, Agen Sepak Bola Sbobet Maxbet Yang Memberikan Pelayanan 24 Jam Nonstop, Bandar Judi Sepak Bola Sbobet Yang Di Dukung Oleh Bank Dengan Pelayanan CS Yang Ramah dan 24 Jam Nonstop, Penyedia Jasa Pembuatan ID Sbobet Judi Sepak Bola Yang Terkenal Dan Memiliki Grafis YangBagus, dan Kemudahan Dalam Bermain Dan Keamanan Saat Bertransaksi

Agen Sepak Bola Online

bonus besar Sepak Bola

Bandar judi Sepak Bola

Agen Sbobet Judi Bola

Judi Sepak Bola Terbaik

Agen Judi Online

Bandar judi ikan

Agen sabung ayam

judi sabung ayam

Balas

PROMO UNTUK MEMBER BARU!

Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, konstruksi kantorcabang Poker Online menggunakan pulsa merupakan simetri tengkulak judi yang cadang pertunjukan poker online pada waktu ini sudah sangat simpel degnan munculnya pementasan ini poker online deposit melewati pulsa akomodasi bernas berlagak disebuah pergelaran judi online yang kuasa kita jumpai waktu ini memang buah bersumber semakin tumbuhnya zaman dan teknologi saat ini didalam permainan gadaian online. Karena cukup menjadwalkan pulsa jenis kapital endapan pertunjukan di poker deposit via pulsa online, personel sudah menyabet aplusan yang lapang bergaya dan memimpin permainan.

Berkelakuan cadang pulsa didalam tontonan judi online pastinya emang hendak semakin melecehkan awak saat agan berbuat tontonan rungguhan online. Berlandaskan datangnya deposit melewati pulsa lalu anggota tentu sanggup berdasarkan enteng berat bergaya serta menjabat juara didalam secorak pergelaran poker. Pergelaran judi online endapan lewat pulsa jelasnya akan mengantongi separuh kepentingan sok yang larat berwujud pulsa cuma maupun berupa uang sahih didalam semacam pergelaran judi online.

BACA JUGA:

poker depo pulsa
judi bola via pulsa
taruhan bola deposit pulsa


Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

Balas

Ayo gabung bersama kami

Balas

Museumpoker agen poker online terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

11 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull
* Capsa Susun (New Versi)
* QQ Spirit

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Keuntungan Poker Via Linkaja

Agen Poker Online Resmi

Situs IDN Poker Resmi

Balas

🔊🔊PROMO OMGPLAY88 NEW UPDATE

🔥BONUS NEW MEMBER BONUS DEPOSIT 120%🔥
- MIN BONUS DEPOSIT 50K JADI 110K TO X 8
- MAX BONUS DEPOSIT 100 JADI 220K TO X 10
MAKSIMAL WD 100.000 X 10 = 1.000.000

EVENT 30+25 (OLD MEMBER & NEW MEMBER
- DEPOSIT 30K + 25K
- Claim Bonus 1Hari 1x claim (Silakan Claim Setiap Hari)
TO X 5 BETTING


BONUS OLD MEMBER Bonus Deposit
- DEPOSIT 100K + 50K
- DEPOSIT 200K + 100K
- Claim Bonus 1Hari 1x claim (Silakan Claim Setiap Hari)
TO X 8 BETTING
MAKSIMAL WD 100.000 X 8 = 800.000
BONUS 120% NEW MEMBER
BONUS 120% NEW MEMBER
EVENT 30+25
BONUS OLD MEMBER 50% SETIAP HARI
EVENT 30K+25K
BONUS 120% NEW MEMBER
EVENT 30K+25K
EVENT 30K+25K

#slotonline #polagacor #slotgacor #prada138 #agen138 #dollar138 #garuda #138 #koin138 #rtp #togel #casino #situterpercaya #omgplay88 #sloki138

Balas

PERCAYAKAN KEMENANGANMU DISINI, JAMIN KAMU WD YANG BANYAK
BELUM KETEMU AGEN TERPERCAYA ?? JOIN DISINI AJA, PASTI AKAN CUAN BANGET
UNTUK NEW MEMBER AKAN DAPAT PENAWARAN YANG BAGUS
BANYAK PENAWARAN YANG COCOK DENGAN KAMU
JANGAN TUNDA LAGI SELAGI BISA SEKARANG, TIDAK ADA KATA RUGI UNTUKMU
SANGAT REKOMEN BUAT KAMU YANG CARI KEUNTUNGAN DALAM WAKTU SEKEJAP!
UNTUK NEW MEMBER AKAN DAPAT PENAWARAN YANG BAGUS
BURUAN KLIK LINK KAMI YANG SUDAH DISEDIAKAN
NIKMATI SEMUA BONUS MENARIK NYA
CUMA DI - POKERVITA
BONUS MENARIKNYA:
* Bonus chip bisa langsung di Withdraw atau di Mainkan
* Penutupan perhitungan Turn Over chip harian di pukul 11.59 WIB setiap hari
* Bonus chip akan diberikan maksimal 1 Hari setelahnya
* Promo Dapat Di Gabung Dengan Promo Cashback Turn Over Bulanan
LINK PROMO > https://rebrand.ly/promo-menariknya

LINK DAFTAR > https://agenvita.com/regpkvip
atau
HUBUNGI KAMI => +62 821-8039-5230

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->