Pengertian Mouse Komputer | Fungsi | Jenis-Jenis Mouse Komputer

Pengertian Mouse Komputer - Seperti kita ketahui, perangkat pendukung komputer sangatlah beragam jenis, bentuk, dan tentu saja fungsinya. Salah satunya yaitu mouse. Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah atau sering menggunakan perangkat pendukung komputer tersebut, tetapi mungkin saja sebagian dari Anda belum begitu mengetahui apa itu mouse?

Nah, oleh karenanya, pada postingan kali ini blog info seputar pengertian akan membahas pengertian mouse komputer. Bukan hanya pengertian -nya saja, tetapi akan dijelaskan juga fungsi dan jenis-jenis mouse tersebut. Bagaima penjelasannya? Mari disimak penjelasan berikut ini.

Pengertian Mouse adalah perangkat eksternal (pendukung) komputer yang digunakan untuk meng-input (memasukkan data) yang akan diproses secara komputasi, mouse bekerja dengan mendeteksi gerakan dua dimensi dari penggunanya. Gerakan tersebut kemudian diterjemahkan atau diproses oleh sistem komputer menjadi gerakan kursor pada monitor, sehingga pengguna dapat mengontrol tampilan monitor komputer dengan mudah.

Pengertian Mouse Komputer
Ilustrasi Foto Douglas Engelbart dan Prototipe Mouse Ciptaannya

Jadi, secara sederhana dapat disimpulkan pengertian mouse adalah sebuah perangkat input perintah selain keyboard (papan tombol), yang berfungi untuk memasukan (input) data yang ingin kita proses dengan perangkat komputer. Misalnya saat kita menghidupkan komputer, lalu kita ingin menjalankan program Microsoft Word untuk membuat surat, maka mouse kita gunakan untuk mengarahkan kursor ke program tersebut. Ada pertanyaan sampai disini? :)

Asal-Mula Istilah Mouse

Setelah memahami pengertian mouse, selanjutnya kita harus tau asal mula istilah mouse. Pernahkah Anda bertanya, 'ko namanya mouse? mirip binatang yah?' Ya, benar sekali, istilah Mouse memang digunakan untuk menggambarkan bentuknya, 'Mouse' dalam bahasa Inggris berarti 'Tikus'. Istilah tersebut dipakai karena memang bentuk perangkat ini sekilas mirip dengan seekor tikus.

Dan istilah mouse ini pertama kali dipublikasikan oleh Bill English melalui karnya dengan judul "Computer-Aided Display Control" pada tahun 1965. Dalam publikasi tersebut, Bill English menggunakan istilah mouse sebagai alat control (penunjuk) dalam sebuah perangkat komputer.

Sejarah Mouse Komputer

Seperti dalam pengertian mouse komputer, penciptaan mouse juga memiliki sejarah. Sejarah Mouse Komputer berawal dari ditemukannya 'Trackball oleh Ralph Benjamin, seorang Angkatan Laut Kerajaan Inggris,  pada tahun 1946. Trackball merupakan komponen dari sebuah sistem radar, yang kemudian dikenal dengan CDS (Comprehensive Display System). 

Kemudian pada tahun 1963 prototipe mouse pertam kali diciptakan. Saat itu tercatat sebagai tahun dimana mause ditemukan. Adalah Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute yang berhasil menciptakan prototipe mose tersebut, dalam peletiannya Douglas dibantu oleh insinyur kenamaan, Bill English. Bentuk mouse yang mereka buat saat itu, merupakan gambaran bentuk mouse yang kemudian berkembang hingga saat ini. Atas penemuannya tersebut  Douglas Engelbart dikenal sebagai Father of Mouse (Bapak Mouse).

Barulah pada tahun 1973, sejarah mouse komputer memasuki babak baru, karena ditahun tersebut mouse modern mulai dikenal ke publik. 'Xerox Alto' merupakan perangkat komputer yang pertama kali yang dirancang sebagai Personal Computer (PC), yaitu perangkat komputer yang digunakan secara individual, serta komputer ini disebut-sebut sebagai kakek moyang dari komputer yang dilengkapi mouse.

Jenis-jenis Mouse Yang Ada Saat Ini

Sejalan dengan berkembangnya dunia Teknologi Informasi yang sangat cepat, khususnya dunia komputasi, mouse komputer ikut mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hingga saat ini banyak teknologi-teknologi yang disematkan ke dalam mouse, untuk meningkatkan fungsi mouse tersebut. Akhirnya muncul berbagai varian jenis-jenis mouse yang ada saat ini. Dan berikut ada beberapa jenis mouse yang umum ditemukan saat ini:

1. Mechanical Mouse (Mouse Mekanik)

Pengertian Mouse Komputer (Mouse Mekanik)
Ilustrasi Komponen Mouse Mekanik

Mechanical Mouse adalah mouse generasi pertama. Maouse ini pertama kali dikenalkan oleh perusahaan perangkat komputer yang berbasis di Jerman, Telefunken, pada tahun 2 Oktober 1968. Mouse ini dikenali dengan menggunakan trackball (mouse bola), sebagai pengganti roda, yang memungkinkan pengguna memindahkan kursor kesegala arah. 

2. Optical Mouse and Laser Mouse (Mouse Optik dan Mouse Laser)

Pengertian Mouse Komputer (Mouse Optik)
Ilustrasi Optical Mouse LED

Mouse Optik menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode) dalam operasinya serta pencitraan array dari sebuah foto dioda agar dapat merekam gerakan di permukaan bidang datar. Jika mouse mekanik menggunakan trackball untuk menggerakan radar penggerak, maka tidak demikian pada Optical Mouse, mouse jenis ini tidak ada komponen dalam sebagai radar penggerak. Sedangkan Mouse Laser merupakan keluarga Optical Mouse yang beroperasi menggunkan koheren cahaya laser. 

3. Gaming Mouse (Mouse Game)

Pengertian Mouse Komputer (Gaming Mouse)
Ilustrasi Gaming Mouse (Mouse Game)

Masih di jenis-jenis mouse, dalam pengertian mouse komputer, adalah gaming mouse. Sesuai dengan namanya, Gaming Mouse ini diperuntukan sebagai mouse bagi para gamer (pencinta game komputer).  Berbagai desain gaming mouse pun telah diciptakan saat ini, tentunya dengan variasi bentuk dan fungsi tambahan yang beragam. Gaming Mouse dari segi bentuknya dapat dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu:
  • Claw Grip Mouse : Gaming Mouse yang dilengkapi dengan sandaran tangan, posisi jari ditekuk.
  • Palm Grip Mouse : Gaming Mouse yang digukan dengan tangan bertumpu pada mouse, posisi jari menjulur memanjang.
  • Finger Tip-Grip Mouse : Seperti namanya, gaming mouse ini digunakan dengan jari (finger), posisi telapak merenggang alias tak menyentuh mouse.

4. Inertial and Gyroscopic Mouse (Mouse Inertial dan Mouse Gyroscopic)


Pengertian Mouse (Mouse Inertial dan Mouse Gyroscopic)
Ilustrasi Air Mouse (Mouse Udara)

Umumnya jenis mouse ini disebut juga 'Air Mouse', dalam bahasa indonesia diartikan sebagai 'mouse udara' atau 'mouse melayang', karena memang saat dioperasikan tidak memerlukan bidang datar sebagai alas. Mouse ini cocok digunakan oleh seorang public speaker yang menggunakan slide presentasi, atau presenter. Jenis mouse ini biasanya tidak menggunakan kabel penghubung (cordless).

5. Tactile Mouse (Mouse Sentuh)


Pengertian Mouse Komputer (Tactile Mouse)
Ilustrasi Tactile Mouse (Mouse Sentuh)

Jenis mouse selanjutnya yaitu Tactile Mouse atau Mouse Sentuh. Dalam mouse jenis ini disematkan semacam aktuator kecil sebagai ditektor yang mampu menciptakan getaran. Kelebihan dari jenis Tactile Mouse yaitu dapat meningkatkan user-interface melalui haptic feedback, semisal memberikan umpan balik (respon) kepada penggunanya saat keluar dari jendela program (window).

6. Ergonomic Mouse (Mouse Ergonomis)

Pengertian Mouse Komputer (Ergonomic Mouse)
Ilustrasi Ergonomic Mouse (Mouse Ergonamis)

Yang terakhir dari jenis mouse komputer, dalam pengertian mouse komputer yaitu Ergonomic Mouse. Terciptanya jenis ini pada dasarnya bertujuan agar memberikan kenyamaan saat pengguna mengoperasikan mouse, karena kenyamanan tersebut tidak didapatkan saat menggunakan mouse kebanyakan. Selain itu Mouse Ergonamik juga diciptakan untuk menghindari terjadinya cedera seperti arthritis, carpal tunnel syndrome, serta cedera regangan lainnya. Oleh karenanya bentuk Ergonomic Mouse ini dirancang agar senyaman mungkin saat digunakan, dan memperhatikan dengan detail sandaran tangan, posisi tangan, jangkauan tombol dan lainnya.

Nah, demikianlah pembahasan tentang pengertian mouse komputer. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, serta dapat memenuhi dahaga keingin tahuan Anda. Jangan ragu untuk men-share informasi tersebut, jika sekiranya penting untuk diketahui orang banyak. Baca juga informasi-informasi lainnya di blog ini. Sampai jumpa di postingan berikutnya. Terimakasi telah mampir dan membaca artikel Pengertian Mouse Komputer | Fungsi | Jenis-Jenis Mouse Komputer.

3 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->