Pengertian Modem & Jenis-Jenis Modem

Pengertian Modem & Jenis-Jenis Modem – Berselancar di dunia maya (internet) memang sangat menyenangkan. Mengunduh atau mengunggah video kesukaan, lagu favorit, membaca dan berbagi berita, dan stalking di medsos merupakan aktifitas umum saat terhubung dengan internet. Tapi taukah Anda, perangkat yang dapat membatu Anda terhubung dengan internet sangatlah banyak, salah satunya dengan modem. Nah, dalam postingan kali ini, blog seputar pengertian akan menjelaskan pengertian modem.

Secara etimologi (bahasa), istilah “Modem” berasal dari modulator dan demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Jadi secara sederhana bisa dikatakan bahwa pengertian modem adalah sebuah alat komunikasi dua arah (modulator-demodulator) yang berfungsi untuk memproses kode informasi digital, dan mentransmisikan kembali kode informasi digital tersebut. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sinyal yang dapat ditransmisikan dengan mudah.

Pengertian Modem
Contoh Modem USB


Dewasa ini, perangkat eksternal komputer ini banyak dijumpai di mana-mana. Model modem yang paling sering dijumpai adalah modem pita suara yang mengubah data digital dari komputer menjadi sinyal listrik termodulasi pada rentang frekuensi suara saluran telepon. Sinyal ini dapat dikirimkan melalui saluran telepon dan didemodulasi oleh modem lain di sisi penerima untuk mengubah kembali data digitalnya.

Sejarah Diciptakannya Modem


Seperti dalam Pengertian Modem, modem juga memiliki sejarah di balik diciptakannya benda fungsional ini. Dan sejarah diciptikannya modem tentu saja tidak lepas dari sejarah perkembangan komputer dunia. Perkembangan munculnya modem berawal dari kebutuhan untuk menghubungkan teleprinter melalui saluran telepon biasa. Pada tahun 1942, IBM mengadaptasi teknologi ini untuk peralatan perekam mereka, dan mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 25 bit / detik.

  1. Istilah “Modem” pertama kali digunakan pada tahun 1958 di mana ketika modem diproduksi secara massal di Amerika Serikat sebagai bagian dari sistem pertahanan udara SAGE. Ketika itu modem berfungsi untuk menghubungkan terminal di berbagai pangkalan udara, situs radar, dan pusat komando-dan-kontrol ke pusat direktur SAGE yang tersebar di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.
  2. Di tahun 1960 istilah “Data-Phone” mulai diperkenalkan. Diawali dengan munculnya ‘Data-Phone 202’ yang merupakan produk asynchronous semi dupleks.
  3. Pada tahun 1962muncullah Data-Phone 201A dan 201B. Keduanya adalah modem sinkron menggunakan dua-bit-per-baud fase-shift keying (PSK). 201A dioperasikan semi-duplex 2.000 bit/s melalui saluran telepon biasa. Sedangkan 201B full-duplex 2.400 bit/s.
  4. Pada tahun 1962, Dataset Standar Bell 103A diperkenalkan oleh perusahaan telekomunikasi raksasa Amerika yaitu ATT. produk ini mampu memberikan layanan full-duplex pada 300 bit/s melalui saluran telepon biasa.

Jenis dan Macam Modem


Setelah mengetahui pengertian modem dan sejarahnya, tentunya kita harus mengetahui jenis-jenis dan macam modem yang ada saat ini. Dan berikut adalah beberapa dari jenis dan macam-macam modem tersebut:

1. Modem Radio (Radio Modem) 

Modem radio adalah jenis modem yang digunakan oleh siaran satelit, WiFi, ponsel, dan juga hampir semua layanan nirkabel yang ada sekarang ini. Modem WiFi dan WiMax adalah jenis modem radio yang menggunakan modem mobile broadband nirkabel yang beroperasi pada frekuensi gelombang mikro.

2. Modem Dial-Up Modem Dial-Up

Jenis Modem Dial-Up yaitu jenis modem pertama yang menggunakan DSL, jaringan kabel, atau layanan Fiber Optic. Modem Dial-Up sekarang ini sudah sangat jarang, namun masih ada yang menggunakannya terutama di daerah pelosok dimana tidak tersedia DSL, kabel, atau layanan Fiber Optic.

3. Modem Mobile Broadband 

Modem Mobile Broadband (Modem Wireless) yaitu modem yang menggunakan sistem telepon selular (GPRS, UMTS, HSPA, EVDO, WiMax, dll). Ada 2 jenis modem nirkabel (wireless) yaitu internal dan eksternal. Modem internal biasanya tertanam langsung di dalam perangkat komputer seperti laptop misalnya. Sedangkan modem nirkabel eksternal biasanya menggunakan kartu koneksi (connect card), seperti pada modem USB untuk mobile broadband dan router selular.

  • Modem CDMA; Jenis modem CDMA (EVDO) ini hampir sama dengan jenis modem GSM. Hanya saja untuk modem CDMA tidak menggunakan R-UIM card, tetapi menggunakan Electronic Serial Number (ESN) sebagai gantinya.
  • Modem USB;  Jenis Modem USB nirkabel menggunakan port USB pada laptop bukan kartu PC atau slot ExpressCard. Modem USB yang digunakan untuk internet mobile broadband juga seringkali disebut sebagai ‘dongle’.
  • Modem GSM; Jenis modem GSM nirkabel ini dilengkapi dengan pemegang kartu SIM yang terintegrasi. Dan beberapa model modem GSM juga dilengkapi dengan slot memori microSD dan/atau jack untuk antena eksternal tambahan.

4. Home Networking (Jaringan Rumahan) 

Dalam pengertian modem, walaupun di sini istilah modem jarang digunakan, namun tetap saja jaringan ini menggunakan modem untuk berbagai aplikasi rumah berkecepatan tinggi, dengan menggunakan berbagai jaringan kabel yang ada di rumah (seperti saluran listrik, saluran telepon dan kabel koaksial).

5. Voice Modem (Modem Suara) 

Voice Modem adalah modem biasa yang juga mampu merekam atau memutar suara/audio melalui saluran telepon. Modem jenis ini biasa digunakan untuk beberapa aplikasi telepon.

6. Modem Broadband 

Modem ADSL adalah jenis modem yang lebih baru. Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) tidak dibatasi pada frekuensi audio voiceband telepon. Sayangnya performa modem ADSL sangat tergantung jarak. Semakin panjang kabel telepon yang digunakan, kualitas jaringannya akan semakin buruk, modem ini harus memilki residential gateways.

Residential Gateways atau gateway rumah. Yaitu salah satu perangkat modem broadband yang mampu mengintegrasikan antara lain fungsi modem, network address translation (NAT) router, switch Ethernet, WiFi, DHCP server, dan firewall. Beberapa jenis modem ADSL terbaru yaitu Satelit, dan Modem Power Line.

Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian modem. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, dan menambah wawasan Anda sekalian. Jangan ragu untuk men-share jika informasi ini dikira penting untuk orang lain. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Dan terimakasih telah membaca artikel Pengertian Modem & Jenis-Jenis Modem.

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->