Pengertian Firewall, Sejarah, Fungsi & Jenisnya

Pengertian Firewall, Sejarah, Fungsi & Jenisnya – Jika Anda seseorang dengan latar belakang TI, mungkin sudah tidak asing dengan istilah Firewall. Namun, jika Anda bukan dari latar belakang IT, sudah barang tentu masih awam dengan istilah Firewall ini. Nah, kali ini blog gudang pengertian akan mencoba membahas apa itu Firewall.

Pada dasarnya Pengertian Firewall adalah sebuah perangkat lunak (software) atau sistem keamanan jaringan berbasis hardware, yang mengontrol lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar dengan cara menganalisis paket data, dan menentukan apakah mereka bisa diizinkan untuk diakses atau tidak, berdasarkan aturan setting yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sebenarnya Firewall dapat diartikan dalam banyak cara. Namun secara sederhana pengertian Firewall bisa diartikan sebagai penghalang antara jaringan web internal yang aman dengan jaringan lain (misalnya Internet) yang dianggap tidak aman dan terpercaya.

Firewall biasanya sudah ada di dalam berbagai perangkat komputer, terutama di dalam sistem operasionalnya. Sehingga memungkinkan komputer pribadi untuk menolak segala akses internet publik yang mengandung ancaman seperti virus, spam, dan lain sebagainya.

Sejarah Munculnya Istilah Firewall


pengertian firewall
Ilustrasi Firewall

Seperti dalam pengertian firewall, sejarah munculnya firewall tentu saja tidak lepas dari perkembangan dunia komputer modern, terutama dengan maraknya penggunaan internet, dan meningkatnya proses pertukaran data melalui internet. Teknologi firewall muncul pertama kali di sekitar akhir tahun 1980-an. Pertama kali muncul sebagai pengaman jaringan (network security) pada sebuah router di akhir tahun 1980.

Peristiwa Penting Penemuan Firewall:


  1. Penemuan Clifford Stoll tentang mata-mata Jerman yang telah merusak sistem-nya.
  2. Seorang karyawan di NASA Ames Research Center di California pada tahun 1988 mengirim sebuah memo melalui email kepada rekan-rekannya, yang berbunyi "Kami saat ini di sedang mendapat serangan VIRUS dari Internet! Dan telah menhantam Berkeley, UC San Diego, Lawrence Livermore, Stanford, dan NASA Ames.
  3. Bill Cheswick menciptakan sebuah "penjara" elektronik sederhana pada tahun 1992, yang berfungsi untuk mengamati para penyerang elektronik. 
  4. Morris Worm sebuah virus, yang menyerang jaringan internet dunia. Dan ini merupakan serangan dalam skala besar yang terjadi pertama kali di dunia. 

Fungsi-Fungsi Firewall 


Dalam dunia computer, khususnya komputer jaringan, Firewall memiliki fungsi yang sangat penting. Dan beberapa dari fungsi firewall, diantaranya sebagai berikut : Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan Melakukan autentifikasi terhadap segala akses internet Melindungi sumber daya dalam jaringan privat Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator Jenis-Jenis Firewall Setelah Anda memahami pengertian firewall, sejarah, dan fungsinya, selanjutnya Anda harus mengetahui tipe-tipe firewall. Sampai saat ini, telah ada beberapa tipe-tipe firewall yang digunakan di dunia komputasi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Proxy


Sebuah server proxy (baik pada perangkat keras atau sebagai perangkat lunak) dapat bertindak sebagai firewall dengan merespon paket data yang masuk (contohnya permintaan sambungan) sebagai sebuah aplikasi, sementara ia memblokir paket-paket data lainnya. Sebuah server proxy merupakan sebuah pintu gerbang dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

2. Network Address Translation (NAT)


Firewall biasanya dilengkapi dengan Network Address Translation (NAT). Setiap host yang dilindungi di oleh firewall pada umumnya memiliki alamat dalam "private address range". Di sinilah firewall berfungsi untuk menyembunyikan alamat sebenarnya dari host yang dilindunginya.

3. Network Layer Firewall atau Packet Filters


Network Layer Firewall atau Packet Filters beroperasi pada protokol TCP / IP stack di tingkat yang relatif rendah dari, dan tidak mengizinkan paket data untuk melewati firewall kecuali paket data tersebut cocok dengan pengaturan yang telah ditetapkan. Di sini setting atau pengaturan biasanya ditetapkan oleh administrator.

4. Application-Layer Firewalls


Application-Layer Firewalls bekerja pada tingkat penerapan stack TCP / IP (yaitu, semua lalu lintas browser, atau semua telnet, atau lalu lintas ftp), dan dapat mencegat semua paket data yang tekirim menuju atau dari sebuah aplikasi. Firewall tipe ini mampu memblokir semua akses yang tidak berbahaya tanpa pemberitahuan.

Nah, itulah penjelasan sederhana tentang pengertian firewall. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, dan menambah khasanah keilmuan Anda semua. Serta jangan ragu untuk menyebarkan informasi ini, yang mungkin bermanfaat untuk orang lain. Sampai jumpa di postingan berikutnya. Dan terimakasih telah membaca artikel pengertian firewall, sejarah, fungsi & jenisnya.

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->