Pengertain Printer, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya

Pengertain Printer, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya -  Dalam proses computing, kita mengenal istilah input, process, dan output. Nah, saat Anda menyelesaikan sebuah pekerjaan melalui proses computing, monitor akan menampilkan hasil pekerjaan tersebut (output) dalam bentuk digital (elektronik), jika Anda ingin mengubah bentuk digital menjadi fisik (hard copy), maka perangkat tambahan yang Anda butuhkan adalah printer. Jadi secara sederhana, printer merupakan perangkat eksternal yang bertugas mengaambil data komputer dan menghasilkan hard copy dari data tersebut.

pengertian printer
Ilustrasi Printer

Pengertian printer adalah perangkat elektromekanis yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke bentuk fisik. Umumnya printer merupakan perangkat tambahan eksternal (external peripheral devices) yang terhubung dengan komputer atau laptop melalui kabel atau nirkabel untuk menerima input data dan mencetaknya pada kertas. Hingga saat ini, berbagai printer telah tersedia dengan berbagai fitur mulai dari mencetak dokumen hitam putih, berwarna, baik dengan kualitas grafis rendah maupun tinggi, serta gabungan fungsi dari perangkat lainnya.

Dari segi kualitas, perangkat printer diidentifikasi dengan fitur-fitur bawaannya seperti kualitas warna, kecepatan cetak, resolusi cetak, dll. Dewasa ini, bermunculan printer-printer dengan multifungsi, seperti halnya printer modern. Printer modern ini datang dengan fungsi multiguna yaitu mereka kombinasi printer, scanner, mesin fotokopi, faks, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda ada berbagai printer yang tersedia dan dapat bekerja di berbagai jenis teknologi saat ini.

Jenis-Jenis Printer


Seperti dikemukakan dalam pengertian printer, sejak penemuan teknologi cetak, berbagai teknologi telah digunakan dalam printer komputer. Secara umum printer dapat dikategorikan kedalam dua jenis, yaitu printer impact dan printer non-impact. Printer impact adalah jenis printer yang digunakan untuk membuat surat. Contohnya printer daisy wheel dan printer dot matrix. Sedangkan printer non-impact tidak bekerja dengan pita tinta. Contohnya printer inkjet dan printer laser. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis-jenis printer yang ada saat ini:

Printer Dot-Matrix



pengertian printer
Contoh Printer Dot-Matrix

Perinter dot-matrix merupakan jenis printer dari keluarga printer impact. Printer jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh Centronics pada tahun 1970. Printer ini beroperasi dengan menggunakan kepala cetak yang menembak pita tinta untuk menghasilkan ratusan sampai ribuan dot (titik) kecil yang membentuk teks atau gambar. Printer jenis ini kurang begitu populer saat ini, namun kalangan bisnis masih menggunkan jenis perinter ini untuk mencetak faktur, cek, struk, dan lainnya.

Printer Thermal


pengertian printer
Contoh Printer Thermal (Printer Kasir)

Satu lagi dari keluarga printer impact, yaitu printer thermal. Printer jenis ini biasanya digunakan di kasir pembelanjaan dan mesin fax. Jenis printer ini bekerja dengan mengambil gulungan kertas yang berubah menjadi gelap ketika dipanaskan. Mekanisme cetaknya dengan menarik kertas yang bersebelahan dengan kepala cetak yang berisi pemanas elektronik yang canggih, dan mampu memproduksi teks dan grafik sederhana pada kertas. Printer thermal tidak memerlukan tinta, toner, atau perlengkapan lainnya, sehingga mudah digunakan dan memeliharanya.

Printer Inkjet


 
printer inkjet (epson inkjet l1800)
Contoh Printer Inkjet (Epson Inkjet L1800)


Inkjet Printer (printer inkjet) merupakan jenis printer yang populer saat ini, selain printer laser. Cara kerja printer ini adalah dengan menyemprotkan tinta dengan cartridge kedalam kertas, hingga menghasilkan teks dan grafis dengan kualitas tinggi. Printer inkjet mengunakan tinta yang tersimpan dalam cartridge tinta, umumnya tinta dipusahkan dalam kelompok warna utama. Warna-warna utama ini biasanya hitam, merah/magenta, hijau/cyan, dan kuning (CMYK). Printer ini sangat mendukung untuk kebutuhan multimedia, karena memiliki kualitas grafis yang sangat baik.

Printer Laser dan LED


printer laserjet (hp laserjet 600)
Contoh Printer Laser (HP Laserjet 600)


Printer Laser dan Printer LED (light-emitting diode) adalah keluarga dari mesin fotokopi; keduanya memiliki mekanisme yang menggunakan drum logam dan toner bubuk yang sensitif terhadap cahaya. Dalam printer, cahaya dari laser atau LED "menarik" gambar halaman ke drum sebagai rangkaian percetakan. Cahaya menghasilkan muatan listrik statis dalam drum, menyebabkan toner untuk bereasi. Ketika dipanaskan, toner mencair; printer menekan selembar kertas ke drum, sehingga toner melalui kertas dan membentuk objek yang dicetak. Printer laser memiliki proses cetak lebih cepat dari printer inkjet dengan hasil berkualitas tinggi.

Printer 3D (3 Dimensi)


printer 3d (wanhao duplicator 5s mini)
Contoh Printer 3D (Wanhao Duplicator 5S Mini)

Printer 3D dibuat pertama kali oleh Charles W. Hull pada tahun 1984. Printer 3D merupakan perangkat cetak tercanggih saat ini. Proses kerja dari printer ini adalah dengan menggunakan desain dari gambar digital untuk menghasilkan sebuah objek fisik berbentuk 3D yang identik. Bahan yang digunakan dalam proses percetakan bukanlah tinta atau kertas, melainkan umumnya menggunakan bahan-bahan seperti paduan logam, polimer, lilin, atau plastik. 

Printer All In One (AIO) / Printer Multifungsi (MFP)


printer multifungsi (FujiXerox CM215FW)
Contoh Printer Multifungsi (FujiXerox CM215FW)

Printer All In One atau disebut juga sebagai Printer Multifungsi (Multifunctions Printer), merupakan jenis printer yang digunakan untuk menggambarkan perangkat printer serbaguna (all in one/multifungsi), fungsinya bukan lagi hanya sebagai alat cetak, tapi disematkan juga fungsi lain semisal scanner, fax, telephone, atau lainnya. Secara sederhana, jenis printer ini akan mencukupi macam kebutuhan Anda hanya dengan satu prangkat.

Nah, demikianlah penjelasan tentang pengertian printer. Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian, dan semoga menjadi referensi jika Anda berniat ingin memiliki sebuah printer. Pilihlah printer sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing. So, Terimakasih sudah mampir di blog sederhana ini. Baca juga pengertian-pengertian lainnya untuk menambah wawasan Anda. Thanks So Much.. :)

Artikel Yang Mungkin Terkait

16 komentar

terima kasih infonya mengenai fungsi dan jenis printer. Informasinya sangat bermanfaat :)

Balas

ka dari sekian jenis printer yang ada, ada referensi tempat yang menjual berbagai printer ga ka hehe
Khimar Syar'i Murah

Balas

Iya boleh di share kok gak papa

Balas

kak izin copas ya
buat tugas sekolah
terima kasih informasi nya

Balas

Silahkan.
Semoga bermanfaat.. :)

Balas

kl hp android bisa gak mencetak foto menggunakan printer?

Balas

kl hp android bisa gak mencetak foto menggunakan printer?

Balas

keren gan info ny pernah blajar juga waktu jaman smp
kunjungi juga gan link kami internet murah untuk dirumah

Balas

ermm..kak..apa kebaikan printer kepada pelajar kolej?
that for my homework..

Balas

Thanks for this comlete list. I have check all of these websites, all are in working
and I get many of the backlinks for my website. Thanks...

Click Here For Article

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->